Berwisata ke Pantai Terbersih Se ASEAN - Grand Watu Dodol Banyuwangi

Sebelum men review tempat wisata Pantai Grand Watu Dodol, kami akan sedikit cerita tentang sejarah watu dodol itu sendiri. Yang dimaksud watu dodol itu ialah batu besar setinggi 6 meter dan berdiameter sekitar 10 pelukan orang dewasa yang letak dari batu besar ini berada tepat di antara kedua ruas jalan raya Banyuwangi - Situbondo. Batu yang disebut Watu Dodol ini berwarna gelap dengan tekstur padat dan sangat keras. Menurut cerita sejarah batu ini sudah beberapa kali untuk dipindahkan, digulingkan ataupun dihancurkan dengan berbagai cara seperti diledakkan dan bahkan ditarik dengan kapal tetapi semua usaha tersebut gagal. 

Nah... jika sahabat traveler melakukan perjalanan darat melalui Situbondo ke arah Banyuwangi atau melalui jalur pantura maka sahabat traveler pasti akan menemukan batu besar yang disebut Watu Dodol ini. Dan tidak jauh setelah sahabat traveler melihat watu dodol ini, maka sahabat traveler akan menjumpai tempat wisata yang sangat menarik yang disebut dengan nama Pantai Grand Watu Dodol.

Wisata Alam Grand Watu Dodol Banyuwangi ini berada di wilayah kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Jika para sahabat traveler dari arah Banyuwangi Kota menuju ke Grand Watu Dodol ini maka dapat ditempuh dengan jarak 15 Km ke arah utara atau sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Jika para sahabat traveler menggunaka jasa kereta api sahabat traveler dapat memulai perjalanan dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Banyuwangi Baru kemudian dilanjut dengan kendaraan antar desa colt atau isuzu. Apabila para sahabat dari arah Bali, setelah pelabuhan penyebrangan Meneng - Ketapang jarak ke Grand Watu Dodol ini sekitar 2 km menggunakan angkutan antar desa atau bus yang menuju arah Situbondo.

Letak Grand Watu Dodol yang strategis ini membuat tempat wisata Banyuwangi ini sangat mudah ditemukan. Sehingga banyak para traveler yang melalui jalur pantura menjadikan Grand Watu Dodol ini sebagai tempat istirahat melepas lelahnya perjalanan. Grand Watu Dodol ini meyuguhkan tempat yang luar biasa nyaman untuk bersantai sejenak. Di Grand Watu Dodol ini para sahabat traveler bisa merebahkan badan sembari menikmati semilir angin dan deburan ombak yang tenang. Dengan begitu para sahabat traveler bisa semakin rileks.


Fasilitas Grand Watu Dodol Banyuwangi juga sangat mendukung untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Seperti di kawasan sekitar Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi yang terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Tidak hanya itu saja, Pengelola Tempat Wisata Grand Watu Dodol juga menyediakan beberapa bangku khusus bagi para wisatawan. Para sahabat traveler dapat menggunakan fasilatas tersebut sambil rileks menikmati hamparan laut biru yang sangat cantik dengan pemandangan pulau Dewata Bali yang terlihat dari Grand Watu Dodol ini. Udaranya yang sangat sejuk di tempat wisata Grand Watu Dodol ini dikarenakan tempat wisata Grand Watu Dodol ini dikelilingi beberapa pohon kelapa dan waru yang tumbuh dengan tatanan yang sangat rapi.


Bagi para sahabat traveler yang masih mudan dan sangat instagramable, di tempat wisata Grand Watu Dodol Banyuwangi ini juga disediakan fasilitas berupa spot fot yang instagramable dan salah satu spot yang jadi favorit adalah jembatan sepanjang 200 meter. Di jembatan inilah para sahabat traveler dapat berfoto dengan latar belakang barisan pohon kelapa tinggi menjulang ke langit. Dan barisan pohon kelapa yang menjulang ke langit inilah yang menjadi ciri khas dari kawasan tempat wisata Grand Watu Dodol di Banyuwangi ini.

Di tempat wisata Grand Watu Dodol Banyuwangi ini para sahabat traveler juga dapat melihat pemandangan Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan yang merupakan wilayah konservasi di Taman Nasional Bali Barat yang terkenal dengan wisata bawah lautnya. Dan untuk di Pulau Tabuhan masih masuk wilayah Banyuwangi yang menawarkan wisata bahari yang tak kalah memukau.


Perlu sahabat traveler ketahui bahwa tempat wisata Grand Watu Dodol ini telah menorehkan prestasi di level International dalam ajang ASEAN Tourism Standard Award 2018 di Chiang Mai, Thailand dan Grand Watu Dodol memenangkan predikat pantai terbersih di Asia Tenggara.

Untuk masuk di tempat wisata Grand Watu Dodol Banyuwangi ini para sahabat traveler hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 untuk hari biasa dan 7.000 untuk hari libur.

Happy Holiday.............


EmoticonEmoticon