Surganya Snorkeling di Ujung Timur Pulau Jawa - Bangsring Underwater Banyuwangi


Berbicara tentang tempat wisata di Banyuwangi memang begitu banyak dan tidak ada habisnya. Pilih saja satu tempat wisata favorit di Banyuwangi lalu bicarakan dengan para sahabat traveller lainnya pasti juga tidak akan habis di bicarakan. Mulai dari keindahan panorama, penduduk yang ramah, fasilitas yang lengkap, dan lain - lain yang bisa membuat para sahabat traveller selalu ingin menceritakan pengalaman wisata di Banyuwangi kepada sahabat traveller lainnya. Nah... kali ini travel paket wisata akan sedikit mereview tempat wisata di Banyuwangi yang sudah menjadi surganya snorkeling yaitu Bangsring Underwater.
Lokasi Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Pantai Bangsring ini lokasinya berada di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Bangsring ini memiliki keindahan yang menonjol di bawah air lautnya, maka dari itu Pantai Bangsring ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi dan juga biasa disebut dengan nama Bunder Bangsring Underwater. Objek Wisata Bangsring Underwater terletak sekitar 20 km ke utara Kota Banyuwangi. Sahabat traveller dapat menuju kesana Pantai Bangsring melalui stasiun Banyuwangi Baru. Apabila sahabat traveller menggunakan transportasi bus, maka sahabat traveller bisa melanjutkan ke Terminal Sri Tanjung dan naik bus jurusan Situbondo kemudian turun di jalan raya Brangsing. Nah.... dari jalan raya lokasi Pantai Bangsring masih 1,5 km lagi dan jalan masuk ke Pantai Bangsring agak kecil. Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini letaknya tidak jauh dari Pantai Tabuhan dan Pulau Menjangan. Biasanya kalau sahabat traveller berwisata di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini menggunakan agen perjalanan wisata atau agen travel, sahabat traveller akan mendapatkan paket wisata ke tiga tujuan sekali perjalanan diantaranya Pantai Bangsring Underwater, Pantai Tabuhan, dan Pulau Menjangan. 

Luas Area Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Pantai Bangsring Underwater ini memiliki kurang lebih 15 hektar dengan keindahan pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu saja, Pantai Bansring Underwater Banyuwangi ini juga meliki keunikan pantai yang jarang dimiliki oleh pantai pantai lainnya yaitu Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini memiliki pesona pantai yang indah dengan hamparan pasir putih dan warna air dibibir Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini berwarna hijau kebiru - biruan dan semakin menjauh, warna air laut berubah menjadi biru muda. Jadi bagi sahabat traveller yang kurang berminat dengan aktivitas snorkeling, sahabat traveller masih dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan ikan - ikan kecil yang nampak dengan mata telanjang.

Rumah Apung di Pantai Bangsring Underwater

Di tempat wisata Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini terdapat rumah apung yang merupakan rumah terapung di tengah laut. Rumah Apung Bangsring inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan lokal maupun dari wisatawan mancanegara. Rumah Apung Bangsring ini terletak pada kejauhan 20 meter dari Pantai Bangsring dan Rumah Apung Bangsring ini memiliki ukuran 27 kali 7 meter. Untuk perjalanan menuju Rumah Apung Bangsring, sahabat traveller bisa menggunakan atau menyewa alat transportasi berupa perahu. Perahu yang bisa sahabat traveller sewa adalah perahu kano dan banana boat. Adapun jumlah perahu kano yang di sediakan di Pantai Bansring Underwater Banyuwangi ini sejumlah 17 buah perahu, sedangkan untuk banana boat nya tersedia 4 buah banana boat.


Para sahabat traveller tidak usah khawatir jika ingin berlama - lama berada di Rumah Apung Bangsring Underwater Banyuwangi karena di Rumah Apung Bansring ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet bagi para pengunjung. Di Rumah Apung Bansring Underwater Banyuwangi ini sahabat traveller juga terdapat keramba - keramba atau tempat penjinakan ikan hiu dengan luas 3 kali 3 meter yang jumlahnya sebanyak 8 buah keramba. Jika sahabat traveller tidak berani turun kebawah air, sahabat traveller bisa melihat ikan-ikan hiu dari atas permukaan air. Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa keindahan Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini tidak hanya berada di bawah laut saja, di Rumah Apung Bangsring Underwater Banyuwangi ini sahabat traveller juga bisa melihat indahnya sunset yang sangat mempesona. Sahabat traveller dapat berlama - lama sambil beristirahat menunggu senja tiba dan menikmati pemandangan eksotis matahari terbenam di Rumah Apung Bangsring Underwater Banyuwangi.

Aktivitas Yang Dapat Anda Lakukan di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi.

Para sahabat traveller dapat melakukan kegiatan aktivitas selama berlibur di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi di beberapa spot yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut :

1. Menikmati Sensasi Berenang dengan Ikan Hiu

Untuk sahabat traveller yang mempunyai hobby berenang dan memiliki keberanian menyelam, sahabat traveller dapat menyelam dan berenang bersama dengan sekawanan ikan hiu di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi. Di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi ini sudah di lengkapi dengan peralatan untuk menyelam. Jadi untuk para sahabat traveller dapat mencoba sensasi berenang dengan ikan berhidung moncong. Dan jangan khawatir, tentunya pada saat sahabat traveller menyelam dan berenang dengan ikan hiu, sahata traveller akan di pandu oleh para penyelam yang berada di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi ini. Para penyelam yang mendapingi para sahabat traveller tentunya sudah profesional dan sangat mengutamakan keselamatan sahabat traveller semua.


Ingat ya sahabat traveller untuk menyelam dan berenang dengan ikan hiu tentunya sahabat traveller harus mengikuti para pemandu penyelam yang sudah profesional dan juga untuk melakukan penyelaman di butuhkan teknik berenang yang baik agar sekawanan ikan hiu tidak merasa terganggu. Para sahabat traveller harus turun ke dalam air dengan sangat perlahan agar ikan - ikan hiu tidak kaget. Setelah sahbat traveller berada sepenuhnya di dalam keramba yang terdapat sekawanan ikan hiu, para sahabat traveller juga harus mempertahankan sikap yang tenang. Perlu sahabat traveller tahu bahwa ikan hiu yang ditangkarkan di Rumah Apung Bangsring Underwater Banyuwangi ini adalah jenis ikan hiu coklat, dengan pucuk - pucuk sirip berwarna hitam.

Ketika sahabat traveller sudah dapat menyesuaikan diri dengan keadaan kolam dan para sahabat traveller masih mampu menjaga sikap dengan tenang, maka dengan sendirinya sekawanan ikan hiu akan datang menyambut para sahabat traveller semua dengan berenang mengitari sahabat traveller. Tidak hanya ikan hiu saja, tetapi juga sahabat traveller akan di temani ikan - ikan kecil jenis lain, seperti ikan hias, lobster, dan ikan lain sebagainya. Pada kesempatan dan moment seperti ini biasanya banyak yang dilakukan oleh sahabat traveller untuk mengabadikannya dengan cara menyewa kamera bawah laut.

2. Snorkeling di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi.

Selain berenang dan menyelam dengan sekawanan ikan hiu, para sahabat traveller juga dapat melakukan aktivitas di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi seperti Snorkeling. Kondisi air laut yang sangat jernih akan membuat sahabat traveller bisa melihat dengan jelas aneka ikan hias tanpa harus menyelam. Tetapi sahabat traveller akan lebih banyak lagi mengeksplor keidahan bawah laut Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi dengan snorkeling. 


Untuk melakukan kegiatan Snorkeling, sahabat traveller juga akan dipandu oleh para pemandu yang akan mengajari para sahabat traveller bagaimana cara melakukan snorkeling yang baik dan benar dan tentunya para pemandu yang sudah profesional ini akan mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyaman untuk para sahabat traveller semua selama melakukan snorkeling.

3. Diving di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi.


Selain berenang dan snorkeling, para sahabat juga dapat melakukan aktivitas di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi seperti Diving. Dengan melakunan diving di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini para sahabat traveller dapat mengetahui lebih banyak aneka tumbuhan dan hewan laut yang ada. Para sahabat traveller dapat menemukan banyak jenis terumbu karang di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini. Dan seperti aktivitas yang lain, untuk melakukan diving sahabat traveller juga akan di pandu oleh pemandu diving yang sangat profesional.

4. Menaiki Perahu Kano


Jika sahabat traveller tidak suka berenang dan menyelam, tidak suka melakukan snorkeling, dan tidak suka melakukan diving, maka di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini sahabat traveller dapat melakukan aktivitas menaiki perahu kano. Dengan menaiki perahu kano ini sahabat traveller masih dapat menikmati dan melihat biota di bawah air laut tanpa harus berbasah - basahan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Untuk masuk di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi, para sahabat traveller tidak usah mengeluarkan cukup banyak biaya. Karena tiket masuk ke Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini masih bilang sangat murah atau terjangkau. Berikut ini adalah daftar tiket masuk Wisata Bangsring Banyuwangi beserta tarif penyeberangan, parkir dan fasilitas lainnya. Tapi ingah ya sahabat traveller, tarif berikut dibawah ini sifatnya sewaktu - waktu bisa berubah bergantung kebijakan pengelola tempat wisata.

Keterangan Harga
Tiket Masuk ± Rp. 2.000
Penyeberangan ± Rp. 10.000
Parkir Sepeda Motor ± Rp. 3.000
Parkir Mobil ± Rp. 5.000
Camera Underwater ± Rp. 150.000 / unit
1 Chasing Waterproof ± Rp. 35.000
1 set Fin / Sirip ± Rp. 15.000
1 set Alat Diving ± Rp. 400.000 (khusus yang berlisensi)
1 set Alat Diving + Guide ± Rp. 800.000
Try Diving (pemula) ± Rp. 150.000 / 15 menit
Perahu Kano Tunggal ± Rp. 30.000 / 60 menit
Perahu Kano Double ± Rp. 40.000 / 60 menit
Banana Boat ± Rp. 5.000 / orang (PP Rumah Apung)
Bola Air ± Rp. 30.000
Kursi pantai ± Rp. 5.000 / 60 menit
Sewa Perahu ke Tabuhan ± Rp. 500.000 / minimal 10 orang

Happy Holiday


EmoticonEmoticon