Keindahan Pantai Cacalan Banyuwangi Dengan Panorama Selat Bali


Mungkin sahabat traveler sudah tahu bahwa Banyuwangi terkenal dengan sebutan Sunrise of Java. Banyak tempat wisata Banyuwangi yang menghadirkan indahnya panorama sunrise seperti di tempat wisata Kawah Ijen Banyuwangi. Beberapa pantai di Banyuwangi juga banyak yang mempunyai spot untuk menikmati Sunrise of Java seperti di Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi juga tak kalah menariknya dengan pantai di Banyuwangi lainnya, karena di Pantai Cacalan Banyuwangi ini sahabat traveler juga dapat menikmati Sunrise of Java di Selat Bali.


Sahabat traveler tidak usah bingung di spot mana yang paling tepat untuk menyaksikan Sunrise of Java, karena pihak pengelola tempat wisata Pantai Cacalan Banyuwangi sudah menyediakan fasilitas untuk menikmati Sunrise Banyuwangi sehingga sahabat traveler dapat lebih fokus dan rileks menikmati pemandangan sunrise. Fasilitas di Pantai Cacalan Banyuwangi itu antara lain adanya ayunan-ayunan, bangku-bangku bahkan gubuk-gubuk kecil di tepian pantai dan sahabat traveler bisa memilih salah satu spot tersebut untuk menikmati sunrise Banyuwangi.

Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini di bagi menjadi dua area. satu area dengan luasan 1,2 hektar disepanjang Pantai Cacalan Banyuwangi sedangkan 2,2 hektar lainnya digunakan untuk area kuliner dan arena bermain anak. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini memiliki garis pantai yang panjang sekitar 12,5 km dan berada satu garis lurus dengan Pantai Solong dan Pantai Syariah Pulau Santen. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini memiliki hamparan pasir hitam dan ombak pantai yang relatif kecil dan kondisi pantai seperti inilah yang membuat aman bagi keluarga yang mengajak anak-anaknya bermain di bibir Pantai Cacalan Banyuwangi.


Sahabat traveler tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama Selat Bali saja, tetapi di Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini sahabat traveler dapat melakukan banyak aktivitas seperti memancing, berenang, dan bahkan mencari hewan laut seperti umang dan sejenisnya. Selain itu sahabat traveler juga bisa memberi makan ikan-ikan air tawar yang ada dikolam ikan air tawar dengan membeli pakan ikan sebesar seribu rupiah.

Bagi sahabat traveler yang ingin mengelilingi Pantai Cacalan Banyuwangi, sahabat traveler dapat menyewa kuda dan bahkan perahu wisata juga sudah tersedia di Pantai Cacalan Banyuwangi. Sahabat traveler dapat menyewa perahu menuju ke Pantai Boom Banyuwangi dengan tarif sewa sebesar 10.000 atau menuju ke Pulau Santen dengan tarif sewa sebesar 20.000 per orang.

Sahabat traveler juga tak perlu khawatir kelaparan, karena di Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi juga terdapat sentra kuliner dengan harga makanan yang relatif murah. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini banyak diminati oleh keluarga berlibur karena biayanya sangat murah. Untuk masuk ke Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi sahabat traveler tidak perlu membayar tiket masuk hanya saja sahabat traveler dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 itupun jika sahabat traveler membawa kendaraan.


Yang unik dari Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini adalah warga yang tinggal di lingkungan Pantai Cacalan Banyuwangi memiliki tradisi turun temurun melakukan ritual Rebo Pungkasan. Rebo Pungkasan merupakan tradisi gelar selamatan yang meminta dijauhkan dari bencana atau tolak balak dan sekaligus sebagai wujud syukur atas berkah hasil bumi. Dan tradisi Rebo Pungkasan di Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini berlangsung pada setiap hari Rabu terakhir bulan shafar.

Akses menuju Pantai Cacalan Banyuwangi sangatlah mudah. Untuk mencapai lokasi Pantai Cacalan Banyuwangi dapat diakses dengan menggunakan motor atau mobil. Jika sahabat traveler dari arah Banyuwangi Kota jaraknya sekitar 5 km ke arah Pelabuhan Ketapang, setelah itu sahabat traveler dapat menjumpai pertigaan lampu merah sukowidi dan sahabat traveler akan menjumpai SPBU. Setelah sahabat traveler melaju sekitar 100 meter dari SPBU tersebut, sahabat traveler akan menemukan papan petunjuk ke arah Pantai Cacalan Banyuwangi di sebelah kanan jalan. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi terletak 600 meter dari Jalan Raya. Jika sahabat traveler berkunjung ke Pantai Cacalan Banyuwangi dari arah pantura, Tempat wisata Pantai Cacalan Banyuwangi jaraknya 6,5 km ke arah Banyuwangi Kota. Cara yang paling meudah menemukan Pantai Cacalan Banyuwangi ialah dengan menggunakan smartphone dengan bantuan google maps dengan kata kunci "Pantai Cacalan Banyuwangi".


Kedepan Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini akan terus di promosikan, terbukti di Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini pernah di gelar acara untuk menyambut HUT RI ke 72 dengan mengajak 1.300 pelajar pramuka. Tidak hanya itu, di Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini juga pernah menjadi lokasi pementasan pagelaran musik Banyuwangi Beach Jazz Festival 2017. Jadi... Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi ini sudah terbukti keindahan dan popularitasnya sehingga rugi rasanya jika sahabat traveler belum pernah berwisata di Pantai Cacalan Banyuwangi.

Happy Holiday....



EmoticonEmoticon