Keindahan Pantai Mustika Sudah Menjadi Primadona.

Sahabat traveler dimanapun berada, saat ini kami masih men-review tempat - tempat wisata Banyuwangi. Karena masih banyak tempat wisata Banyuwangi yang belum kami review dan mungkin juga tidak bakal ada habisnya kalau membahas wisata di Banyuwangi. Seperti tempat wisata satu ini yaiut Pantai Mustika. Pantai Mustika adalah salah satu tempat wisata Banyuwangi yang sekarang sudah menjadi primadona bagi para wisatawan. Dan digadang - gadang Pantai Mustika Banyuwangi ini akan menjadi pesaing terberat dari Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Selain lokasinya yang sangat dengan Pantai Pulau Merah, Pantai Mustika Banyuwangi juga mempunyai keindahan pantai yang menakjubkan.

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Mustika Banyuwangi ialah Pantai Mustika mempunyai pasir pantai datar yang cukup luas terbentang dari ujung barat hingga ujung timur. Karakter Pantai Mustika Banyuwangi ini halus dan sangat bersih dari kotoran sampah maupun batu karang. Pemandangannya sangat cantik dengan didukung oleh keindahan Gunung Tupang Pitu. Gunung Tumpang Pitu inilah yang biasa sahabat traveler lihat sangat dekat jika sahabat traveler berada di Pantai Pulau Merah. Pantai Mustika juga tergolong Pantai yang sangat sejuk karena banyak juga pepohonan kelapa yang tumbuh membentuh barisan yang sangat rapi. Dan seperti tempat wisata pada umumnya, di bawah pohon kelapa juga banyak berdiri gazebo - gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.


Di Pantai Mustika Banyuwangi ini juga teradapat fasilitas perahu yang disewakan untuk mengangkut sahabat traveler yang ingin ke Pantai Wediireng melului jalur laut. Sahabat traveler nanti akan melewati Pulau Bedil yang merupakan Pulau yang dapat mengeluarkan suara bedil saat diterjang ombak. Jasa perahu yang ditawarkan oleh para nelayan tidaklah mahal, sahabat traveler hanyak ditarik tarif perahu sebesar 30.000 sekali jalan dan sahabat traveler akan mendapatkan fasilitas berupa life jaket. Dengan menyewa perahu nelayan inilah sahabat traveler dapat berkesempatan melihat pemandangan pesisir Pantai Pulau Merah, Pantai Mustika, dan Pantai Pancer dari sudut yang berbeda. Keindahan Pantai Mustika tidak hanya tentang pemandangan alam semata, tetapi sahabat traveler juga dapat menikmati keindahan Pantai Mustika Banyuwangi ini di dalam lautnya. Banyak mahkluk hidup dibawah laut yang hidup sungguh sangat indah di pandang. Para sahabat traveler dapat menikmatinya dengan snorkeling dan diving.


Sejerah Pantai Mustika Banyuwangi ini agak berbau mistis. Masyarakat setempat mengenal pantai ini dengan sebutan mustaka atau kepala dari kawasan Teluk Pancer. Nama Mustaka sendiri artinya Kepala. Penamaan Pantai Mustika pada masyarakat ini juga konon ceritanya masih ada kaitannya dengan kisah ratu kidul. Menurut ceritanya, dulu ratu kidul pernah singgah ke Pantai Mustika Banyuwangi dan saat meninggalkan lokasi Pantai Mustika ini ada yang tertinggal yaitu mustika lalu kemudian mustika tersebut ditemukan oleh seseorang. Karena merasa mustika tersebut bukan miliknya, maka seseorang tersebut melempar kembali mustika  tersebut ke tengah laut dengan harapan agar kembali ke pemiliknya yaitu ratu kidul. Inilah cerita yang berkembang di masyarakat Pantai Mustika hingga akhirnya Pantai ini di namakan Pantai Mustika.

Jalan Menuju Lokasi Pantai Mustika Banyuwangi.

Pantai Mustika ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jika sahabat melakukan perjalanan ke Panti Mustika dari Banyuwangi Kota, maka sahabat travel hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai Mustika ini sangat dengan Pantai Merah hanya berjarak 3 Km. Sahabat traveler bisa menggunakan petunjuk arah atau GPS di smartphone sahabat traveler untuk membantu menemukan Pantai Mustika Banyuwangi.

Jam Operational Pantai Mustika Banyuwangi

Sebenarnya tidak ada aturan jam buka tutup di Pantai Mustika Banyuwangi ini. Hanya saja banyak para pengunjung yang datang pada pagi hari dan meninggalkan Pantai Mustika sore harinya. Biasanya para pengunjung meninggalkan Pantai Mustika setelah melihat sunset, karenan sunset di Pantai Mustika Banyuwangi ini sangati indah dan berkesan. Jadi kalau sahabat traveler ingin mengunjugi Pantai Mustika Banyuwangi, kami sarankan datang pagi dan kembali setelah melihat matahari terbenam di Pantai Mustika Banyuwangi.


Harga Tiket Masuk Pantai Mustika Banyuwangi. 

Untuk harga tiket masuk di Pantai Mustika Banyuwangi sangatlah murah. Karena di Pantai Mustika Banyuwangi ini tidak dihitung per orang melainkan per rombongan. Sahabat traveler dapat membayar tiket sebesar 20.000 saja setiap 15 orang yang datang.

Bagaimana sahabat traveler...?? Apakah kalian tertarik mengunjungi Pantai Mustika yang ada di Kabupaten Banyuwangi ini...??

Happy Holiday....


EmoticonEmoticon