Heboh... Misteri Pantai Bandealit di Area Perlindungan Taman Nasional

Sumber Foto by : wisatabaru.com

Pantai Bandealit Jember - Kabupaten Jember mempunyai destinasi wisata yang cukup banyak dan mempunyai keunikan dan keindahan yang khas dari pada destinasi wisata di tempat lain. Selain itu ada beberapa tempat wisata yang banyak mengandung cerita misteri khususnya Tempat Wisata Pantai di Jember, salah satunya adalah Pantai Bandealit Jember Jawa Timur.

Pantai Bandealit Jember Jawa Timur ini mempunyai daya tarik yang utama adalah alamnya yang masih alama dan udara segar yang bisa membuat sahabat traveler menjadi tenang berlibur di Pantai Bandealit Jember ini.  Pantai Bandealit berada dikawasan hutan lindung sehingga tentunya menambah kesejukan alama sekitar Pantai Bandealit Jember itu sendiri. Dan sudah terbukti bahwa kealamian Pantai Bandealit Jember ini membuat kondisi Pantai Bandealit Jember menjadi bersih dan sangat jernih air lautnya.

Tempat Wisata Pantai Bandealit Jember juga sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga karena suasana yang menyenangkan dan aman dengan ombaknya yang tenang dan teratur walaupun sebenarinya Pantai Bandealit Jember ini merupakan bagian dari gugusan pantai selatan. Selain bermain air di Pantai Bandealit Jember, sahabat traveler juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti olahraga air mulai dari berenang, body board, jet ski, dan juga berselancar angin. Susanan Pantai Bandealit Jember yang masih sepit dan tenang yang didukung oleh kontur pantai yang ladai, tentunya akan membuat sahabat traveler dapat menikmati keindahan pantai dengan puas dan rasa was was. Selain itu, Pantai Bandealit Jember ini memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang dan keberadaan hutan tropis di sekeliling Pantai Bandealit Jember akan membuat suasa menjadi natural. Pantai Bandealit Jember juga sangat cocok untuk sahabat traveler pecinta alam yang inging melakukan beach camp.

Daya Tarik Pantai Bandealit Jember Jawa Timur

1. Memiliki Pantai Yang Asri

Pantai Bandealit Jember ini merupakan pantai yang berada di kawasan hutan nasional yang dilindungi maka dari itu Pantai Bandealit Jember ini sangat terkenal dengan pantai yang asri dan belum pernah dirombak oleh tangan manusia. Selain itu, pengelola Pantai Bandealit Jember ini sangat memperhatikan kebersihan pantai.

Sumber Foto by : gadogadoaenak.blogspot.com

Di Pantai Bandealit Jember ini sahabat traveler dapat menikmati pesona hamparan pantai sekaligus dapat menikmati segarnya udara yanb berhembus serta hijaunya daun daun pepohonan yang ada di Taman Nasional Meru Betiri yang menyajikan keindahan di dalamnya.

Pantai Bandealit Jember ini memilik karakteristik air yang sangat bersih, pantai yang landai, dan tidak banyak terdapat batu karang. Selain itu Pantai Bandealit Jember memiliki pasir yang lembuh sehingga aman buat sahabat traveler yang membawa anak.

2. Beragam Aktivitas di Pantai Bandealit Jember Jawa Timur

Di Pantai Bandealit Jember ini tentunya sahabat traveler tidak hanya dapat menikmati pemandangan alamnya saja, dan juga tidak hanya menikmati udaranya yang segar saja. Melainkan di Pantai Bandealit Jember ini sahabat traveler juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang aman untuk dilakukan seperti berenang di pantai, kano, body board, jet ski, dan berselancar angin.

Sumber Foto by : nativeindonesia.com

Selain melakukan aktivitas diatas, sahabat traveler juga dapat melakukan aktivitas pengambilan foto dengan background keindahan alam di Pantai Bandealit Jember ini. Dengan semua keindahan alam Pantai Bandealit Jember ini, tentunya bisa dijadikan background foto sahabat traveler untuk bisa di upload di media sosial. Apalagi di Pantai Bandealit Jember ini juga banyak terdapat perahu nelayan yang berjajar rapi yang semakin menambah pemandangan Pantai Bandealit Jember

Jika sahabat traveler suka sekali dengan aneka makanan seefod, sahabat traveler bisa membli langsung ke para nelayan yang pulang melaut membawa hasil tangkapan ikannya untuk kemudian dibakar di tepi pantai.

Di sisi timur Pantai Bandealit Jember ini terdapat teluk dan muara sungai yang sangat luas. Saking begitu luasnya, muara di Pantai Bandealit Jember ini terlihat sepert sebuah danau. Dan di muara Pantai Bandealit Jember inilah merupakan spot memancing terbaik jika sahabat traveler suka dengan aktivitas memancing. Dan perlu sahabat traveler ketahui bahwa muara di Pantai Bandealit Jember ini cukup unik. Pada musim kemarau tiba, volume air yang berlimpah dan pada saat musim penghujan volume air tidak begitu melimpah. Oleh karena itu, biasanya pada musim kemarau banyak sahabat traveler yang melakukan aktivitas speedboat ataupun berkano di Muara Pantai Bandealit Jember ini.

3. Pantai Bandealit Jember adalah Wisata Hutan Lindung

Di Pantai Bandealit Jember ini juga terdapat hutan mangrove yang berfungsi sebagai penjaga pantai agar tidak terjadi abrasi. Hutan mangrove yang ada di Pantai Bandeali Jember ini tidak memiliki luas lahan sekitar 8 hektar dan memiliki mangrova jenis pedada. Hutan mangrove di Pantai Bandealit Jember ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal sejumlah burung - burung. Hutan mangrove yang ada di Pantai Bandealit Jember ini juga sering digunakan untuk melakukan pengamatan jenis dan aktivitas burung - burung.

Sumber Foto by : travel.tribunews.com

Tentunya tidak hanya hutang mangrove saja, di Pantai Bandealit Jember ini juga menawarkan kawasan agrowisata berupa perkebunan yang dikelola oleh PT. Bandealit. Perkebunan yang ada di Pantai Bandealit Jember ini juga masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Di Agrowisata yang ada di Pantai Bandealit Jember ini memiliki sejumlah koleksi tanaman hortikultura seperti jeruk, rambutan, sirsak, dan tidak ketinggalan juga tanaman durian juga ada di agrowisata Pantai Bandealit Jember ini.

Jika sahabat traveler hobi melakukan trekking, sahabat traveler bisa menuruni tebing Gunung Sodung. Tebing Gunung Sodung di Pantai Bandealit Jember ini memiliki ketinggaian 100 meter dari permukaan laut. Dan puncak tebing Gunung Sodung ini memiliki keindahan alam Pantai Bandealit Jember yang sangat indah. Jika sahabat traveler berani naik lagi setinggi 100 meter, sahabat traveler akan menemukan goa jepang langka dengan benteng pertahanannya. Goa tersebut terbuat dari batu dan pernah menjadi tempat para tentara Jepang mengintai kedatangan musuh.

4. Misteri SIWIL yang ada di Pantai Bandealit Jember Jawa Timur.

Pantai Bandealit Jember ini memang sangat terkenal dengan keindahan alam yang masih alami. Tetapi selain keindahan alam pantai yang masih alami, Pantai Bandealit Jember ini juga memiliki cerita misteri yang tentunya membuat sahabat traveler semua menjadi penasaran. Ternyata Pantai Bandealit Jember yang cantik ini dan tersembunyi ini juga dikenal cukup angker.

Sumber Foto by : jatim.tribunews.com

Berdasarkan informasi yang travelpaketwisata.com dapatkan bahwa Pantai Bandealit Jember ini terdapat sosok mahkluk kerdil dengan ukuran kurang dari 1 meter yang menyerupai seperti manusia yang dikenal dengan SIWIL. Di Pantai Bandealit Jember ini ada beberapa traveler yang pernah melihat dan mengambil gambar jejak kaki dari mahkluk SIWIL tersebut. Bahkan menurut cerita pada tahun 1992 yang lalu ada dua orang ilmuan dari Inggris pernah melakukan penelitian di sekitar Pantai Bandealit Jember ini mengetahui keberadaan makhluk SIWIL tersebut. Walaupun hasil akhirnya para peneliti atau ilmuan dari Inggris tersebut tidak berhasil menunjukkan tanda keberadaan mahkluk SIWIL tersebut. Tetapi menurut pangakuan beberapa traveler yang mengunjungi Pantai Bandealit Jember ini, mereka telah melihat secara langsung mahkluk kerdil tersebut. Dan bahkan SIWIL ini sering sekali mencuri dan membuat berantakan hasil laut para nelayan di Pantai Bandealit Jember ini.

5. Asal Usul Nama Pantai Bandealit Jember Jawa Timur

Nama Pantai Bandealit ini berasal dari kata "Bande" yang artinya adalah gong untuk menabuh gamelan dan kata "Alit" yang berarti kecil. Jadi Bande Alit diartikan sebagai gong kecil yang digunakan pada jaman itu untuk memanggil seseorng. 

Konon menurut cerita yang berkembang, pada abad ke 17 ada seseorang istri dari Wong Agung Wilis dari Kerajaan Blambangan yaitu permaisuri Dewi Sukasih. Suatu hari Wong Agung Wilis tersebut menyuruh Dewi Sukasih untuk mengungsi atau mancari perlindungan ke arah barat. Dewi Sukasih yang kondisi hamil saat itu mengungsi melewati jalur darat dan melalui hutan belantara Alas Purwo Grajakan Banyuwangi dan menuju daerah barat. Hingga akhirnya di perjalanan Dewi Sukasih tersebut melahirkan seorang putra yang diberi nama Joko Mursodo.

Sumber Foto by : ksmtour.com

Setelah Joko Musodo tumbuh menjadi dewasa, Joko Mursodo berniat untuk mencari ayahnya yang tinggal di Blambangan. Pada sat itu Abdi Kinasih menyarankan pada Joko Mursoso untuk tidak mencari ayah kandungnya karena di daerah Blambangan masih terjadi peperangan. Joko Mursodo tersinggung dengan dengan apa yang dikatakan oleh Abdi Kinasih dan Joko Mursodo tidak akan memanggil nama Abdi Kinasih lagi dengan cara memukul gong kecil sebelum bertemu dengan ayahnya. Sampai akhirnya inilah yang menjadi penyebab Pantai ini di namakan Pantai Bandealit.

Fasilitas Tempat Wisata Pantai Bandealit Jember

Selain Pantai Bandealit Jember yang memiliki kemanan, Pantai Bandealit Jember ini juga memiliki beragam fasilitas yang disediakan untuk sahabat traveler semua. Fasilitas di wisata Pantai Bandealit Jember ini cukup lengkap seperti adanya penginapan, pondok wisata, toilet dan area parkir yang cukup luas.

Selain fasilitas tersebut diatas. Pantai Bandealit Jember ini juga disediakan perlengkapan camping ground, body board, kano shelter dan speed boat. Di Pantai Bandealit Jember ini juga terdapat beragam hidangan kuliner yang bisa ditemukan dengan mudah di area wisata Pantai. Jadi sahabat traveler tidak perlu khawatir jika merasa kelaparan.

Lokasi Pantai Bandealit dan Rute Menuju Pantai Bandealit Jember

Jika sahabat traveler ingin mengunjungi Pantai Bandealit Jember. Lokasi Pantai Bandealit berada di Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dan Taman Nasional Meru Betiri ini dikenal sebagai hutan tropis dataran rendah. 

Jika sahabat traveler ingin berkunjung di Pantai Bandealit Jember ini dari arah Kota Jember, sahabat traveler dapat melanjutkan perjalanan sepanjang 35 kilometer ke arah selatan menuju Kecamatan Tempurejo lalu kemudian melanjutkan kearah Desa Andongrejo hingga sampailah di Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Bandealit Jember ini berada tepat di ujung Taman Nasional Meru Betiri sehingga untuk mencapai lokasi Pantai Bandealit Jember ini sahabat traveler harus melewati Taman Nasional Meru Betiri.

Tiket Masuk Tempat Wisata Pantai Bandealit Jember Jawa Timur

Tiket masuk tempat wisata Pantai Bandealit Jember ini relatif sangat murah, sahabat traveler hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 saja. Dengan jam operational Pantai Bandealit jember beroperasi selama 24 jam dengan beberapa petugas penjaga yang merupakan pengelola Pantai Bandealit.  Jadi Pantai Bandealit Jember ini merupakan pantai yang cukup aman untuk dikunjungi sahabat traveler karena adanya sistem penjagaan tersebut.

Happy Holiday...


EmoticonEmoticon