Ikut Yuk... Berwisata Sekaligus Berburu Ikan di Pantai Puger Jember

Sumber Foto by : wongjember.com

Pantai Puger Jember - Bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Jember dan sekitarnya tentunya sudah tidak asing lagi dengan Tempat Wisata Pantai Puger Jember. Pantai Puger Jember ini juga digadang - gadang sebagai surganya para pemburu ikan. Karena hasil tangkapan ikan di Pantai Puger Jember ini sangat banyak. Itulah sebabnya di Panti Puger Jember banyak berjejeran perahu - perahu nelayang yang sangat banyak.

Dari dulu daerah Pantai Puger dan sekitarnya memang terkenal sebagai Kampung Nelayan. Terbukti hasil survey hampir 70% masyarakat di daerah Pantai Puger Jember ini bekerja sebagai nelayan. Jika sahabat traveler mengunjungi Pantai Puger Jember ini, sahabat traveler akan melihat bagaimana ribuan perahu - perahu nelayan yang sedang parkir berjejeran dan lalu lalang di tengah laut.

Di Pantai Puger Jember ini juga terdapata pasar ikan yang ramai dikunjungi oleh para traveler setiap harinya. Bahkan yang di jual di Pantai Puger Jember ini tidak hanya aneka ikan segar saja, melainkan aneka pernak - pernik juga di jual di Pantai Puger Jember ini. Selain itu di Kecamatan Puger juga tidak hanya menawarkan pelabuhan dan pasar ikan saja. Tidak jauh dari pelabuhan dan pasar ikan, di Kecamatan Puger juga terdapat Tempat Wisata Pantai Puger yang tidak kalah indahnya dengan pantai lain di Indonesia seperti Pantai Cacalan di Banyuwangi dan lain - lain. Keindahan alam Pantai Puger Jember ini semakin terasa karena adanya bukit - bukit hijau yang tentunya menambah daya tari tersendiri untuk para sahabat travaler.

Daya Tarik Wisata Pantai Puger Jember, Jawa Timur.

Wisata Pantai Puger Jember mempunyai daya tersendiri dibanding dengan tempat wisata pantai lain yang ada di Indonesia.

1. Pusat Jual Beli Ikan Di Kabupaten Jember

Bagi sahabat traveler yang hobi makan sea food, sahabat traveler dapat mengunjungi Pantai Puger Jember untuk hunting beraneka ragam ikan laut yang segar. Pasar ikan yang ada di Pantai Puger ini telah menyediakan aneka ragam ikan laut yang masih segar dan juga olahan hasil laut lainnya. Seperti terasi khas puger, ikan asin, jamu dari minyak ikan, pernak - pernik khas puger, dan bahkan warung - warung ikan bakar juga tersedia di Pantai Puger jember Jawa Timur ini. Dan harga ikan di pasar Pantai Puger Jember ini jauh lebih murah dari ikan - ikan yang jual di tempat lain di Jember.

Sumber Foto by : merdeka.com

Pasar Ikan di Pantai Puger Jember banyak dikunjungi pada waktu pagi hari sekitar jam 6 - 7 pagi. Karena pada pagi hari adalah waktu nelayan baru pulang dari melaut dengan membawa hasil tangkapan ikan yang super segar. Sahabat traveler dapat langsung membeli ikan dari hasil tangkapan nelayan tentunya harganya lebih murah.

2. Spot Foto Instagramable di Pantai Puger Jember

Di Pantai Puger Jember juga terdapat spot foto yang instagramble. Jadi sahabat traveler dapat mengabadikan kenangan dengan mengambil gambar dengan background ratusan kapal yang sedang parkir maupun sedang berlalu lalang. Selain itu juga sahabat traveler juga dapat berfoto dengan background ombak besar, bukit - bukit yang hijau, atau bahkan ibu - ibu yang berjualan ikan.

Sumber Foto by : ksmtour.com

Jika sahabat traveler salah satu penikmat sunset dan sunrise, Di Pantai Puger ini sahabat traveler bisa puas menikmati keduanya dengan pesona khas Pantai Puger Jember.

3. Bermain Surfing di Pantai Puger Jember

Di Pantai Puger ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar. Sehingga bagi penikmat surfing Pantai Puger ini menjadi surga di Kabupaten Jember. Perlu sahabat traveler tahu bahwa pada bulan - bulan tertentu ombak yang ada di Panti Puger Jember ini bisa mencapai 9 meter. Ombak di Pantai Puger yang ganas inilah justru pernah dijadikan tuan rumah dalam event besar bertema International Surf Exhibition pada tahun 2008 yang lalu.

Sumber Foto by : jatimpos.id

Area Tempat Wisata Pantai Puger

Selain teradapat tempat pelelangan ikan, di Pantai Puger Jember juga terdapat area tempat wisata yang lain. Pantai Puger Jember juga menwarkan keindahan pantainya yang eksotis. Dua Pantai terkenal yang sekawasan di Pantai Puger Jember ini adalah Pantai Pancer dan Pantai Kucur Puger.

1. Pantai Pancer Puger Jember

Pantai Pancer Puger Jember terletak tidak jauh dari TPI atau Tempat Pelelangan Ikan ang ada di Pantai Puger Jember. Lokasinya kira - kira berjarak 200 meteran dari TPI. Jadi jika sahabat berkunjung ke Pantai Puger Jember, alangkah baiknya sahabat traveler mampir di Pantai Pancer Puger Jember ini.

Pantai Pancer Puger Jember ini memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai - pantai lainnya. Pantai Pancer Puger Jember ini mempunyai pasir hitam yang sangat eksotis. Dan pemandangan alam sekitar yang keren dan cantik.

Fasilitas Pantai Pancer Puger Jember ini tersedia diantaranya warung makan yang telah menyediakan makanan laut atau untuk sekedar tempat berteduh, horse riding, lahan parkir yang luas, dan pastinya pemandangan laut dan tersedia juga spot - spot yang ciamik.

Disisi barat Pantai Pancer Puger Jember ini juga terdapat mercusuar yang masih aktif berdiri menjulang keatas. Sedangkan di sisi sebelah timur terdapat bangunan pemecah ombak yang menjulang tinggi ke tengah laut. Bangunan tersebut berfungsi untuk memecah ombak yang tinggi agar dampak ombak tidak terlalu mengerikan. Dan disarankan jika sahabat traveler mengunjungi Pantai Pancer Puger Jember ini tidak melakukan aktivitas berenang, karena sangat berbahaya.

2. Pantai Kucur Puger Jember

Di area Pantai Puger Jember juga terdapat Tempat Wisata Pantai Kucur Puger Jember. Pantai Kucur Puger ini terletak di seberang Pantai Puger. Sedangkan akses jalan menuju Pantai Kucur Puger Jember ini dapat diakses menggunakan perahu dengan harga sewa Rp. 100.000 per orang.

Sumber Foto by : ihategreenjello.com

Pantai Kucur Puger Jember ini masih sangat sepi dan jarang di kunjungi oleh para traveler. Tetapi yang menjadi daya tarik dari Pantai Kucur Puger Jember ini adalah pasir putihnya yang sangat ciamik. Pantai Kucur Puger Jember ini berhadapan langsung dengan birunya laut lepas Samudra Hindia sekaligus berada persis dibelakangnya bukit yang masih hijau.

Happy Holiday....


EmoticonEmoticon