Heboh... Pesona Mistis di Pulau Nusa Barong Jawa Timur

Sumber Foto by : idntimes.com

Pulau Nusa Barong Jember - Pulau Nusa Barong Jember terletak di 4 km barat selatan dari pelabuhan Puger Wetan. Nusa Barong ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur. Pulau Nusa Barong ini juga merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan telah dijadikan cagar alam untuk melindungi ekosistem yang ada di Pulau Nusa Barong itu sendiri.

Mengingat Pulau Nusa Barong Jember yang tidak berpenghuni ini, akhirnya Pulau Nusa Barong Jember ini jarang di jamah oleh manusia dan membuat pemandangan di Pulau Nusa Barong Jember ini terlihat sangat asri. 

Keistimewaan Pulau Nusa Barong Jawa Timur.

1. Pulau Nusa Barong Terkenal sebagai Phi - Phi Islandnya Jawa Timur

Jika sahabat traveler ingin berwisata di Phi - Phi Island yang eksotis di Negera Thailand, maka sekarang sahabat traveler tidak perlu jauh - jauh pergi ke Negara Thailand. Pulau Nusa Barong Jember ini banyak dianggap mempunyai kemiripan dengan pulau eksotis di Thailand. Pulau Nusa Barong Jember ini seluas 6.100 hektar dan dikelilingi oleh air laut dengan warna biru dan juga dihiasi oleh hamparan pasir putih yang terlihat sangat memukau.

Sumber Foto by : hipwee.com

Pulau Nusa Barong Jember ini telah ditetapkan sebagai cagar alam pada tahun 1920 dan membuat pulau ini dipenuhi oleh bragam flora dan fauna. Hewan - hewan yang ada di Pulau Nusa Barong ini dapat sahabat traveler temui diantaranya adalah biawak air, ular piton, kera abu - abu, dan jika beruntung kita bisa bertemu dengan penyu hijau dan penyu sisik yang bertelur di Pulau Nusa Barong ini.

Laut di Pulau Nusa Barong Jember ini juga banyak menyimpan terumbu karang dan juga berbagai macam ikan yang berlindung dan berenang di dalamnya.

2. Sejarah Kelam Yang Membuat Pulau Nusa Barong Ini Tidak Berpenghuni.

Keunikan dan keindahan Pulau Nusa Barong ini memang sangat luar biasa. Namun di balik keindahan Pulau Nusa Barong ini terdapat sejarah kelam yang menimpa. Menurut sejarah cerita yang berkembang bahwa Pulau Nusa Barong ini merupakan pulau yang berpenghuni sebelum akhirnya Belanda menyerang. Pulau Nusa Barong ini merupakan penyokong perekonomian kerajaan Blambangan karena Pulau Nusa Barong ini sangat terkenal sebagai penghasil sarang burung walet.

Sumber Foto by : idntimes.com

Karena perkembangan perekonomian dan perkembangan politik di masa itu sehingga membuat Belanda merasa terancam dan akhirnya memutuskan untuk selalu mengawasi Pulau Nusa Barong ini. Lalu kemudian pada tahun 1777 terjadilah perang di Pulau Nusa Barong ini dan mewaskan sebanyak 27 orang. Dan sejak itulah pemerintah Hindia Belanda melarang orang untuk berkunjung ke Pulau Nusa Barong dan merubah Pulau Nusa Barong ini menjadi cagar alam. Pada saat itulah awal mula bahwa Pulau Nusa Barong ini akhirnya tidak berpenghuni.

3. Keindahan Alami Dengan Suasana Mistis di Pulau Nusa Barong

Cerita Mitos dan mistis yang ada di setiap tempat di Indonesia sudah menjadi sesuatu hal lumrah. Dan Pulau Nusa Barong ini juga menyimpan cerita mistis yang akan membuat sahabat traveler jadi penasaran. "Nusa" yang berarti Pulau dan "Barong" yang berarti Ular sehingga masyarakat sekitar mengatakan bahwa Pulau Nusa Barong ini di huni oleh seekor ular besar yang merupakan mahkluk tak kasat mata. Dan bahkan di Pulau Nusa Barong ini sering di jadikan tempat untuk mempelajri ilmu gaib.

Lokasi Pulau Nusa Barong Jember, Jawa Timur

Lokasi Pulau Nusa Barong ini terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau Nusa Barong ini berada di dalam wilayah Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau Nusa Barong ini merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia.

Happy Holiday...


EmoticonEmoticon