Heboh... Keindahan Pantai dan Kisah Legenda Pantai Watu Ulo Jember

Sumber Foto by : travel.kompas.com

Pantai Watu Ulo Jember - Kabupaten Jember adalah kabupaten yang bersebelahan dengan Kabupaten Banyuwangi. Banyak keindahan tempat wisata Banyuwangi tentunya juga terdapat di Kabupaten Jember.  Kabupaten Jember yang letaknya di bagian timur Pulau Jawa ini tentunya memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah. Dan salah satu tempat wisata pantai di Kabupaten Jember yang banyak dikunjungi oleh traveler adalah Pantai Watu Ulo atau Ulo.

Pantai Watu Ulo adalah salah satu rangkaian wisata alam pantai yang ada di pesisir selatan Kabupaten Jember. Banyak para traveler yang ingin merasakan keeksotisan Pantai Watu Ulo Jember ini yang konon menurut cerita Pantai Watu Ulo ini juga memiliki cerita atau kisah mistis. Maka dari itu, Pantai Watu Ulo ini selalu ramai dikunjungi oleh para traveler pada saat musim libur tiba. Dan banyak sekali traveler yang datang dari luar kota Jember.

Nama Pantai Watu Ulo berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti Watu = Batu dan Ulo = Ular. Sehingga jika di Bahasa Indonesia kan berarti Batu Ular. Nama Pantai Watu Ulo yang unik ini juga berasal dari pemandangan yang unik dan menarik. Pemandangan tersebut terlihat dari barisan batu karang yang berbentuk seperti ular dan tersusun sangat rapi memanjang dari arah pinggir pantai hingga ke tepi pantai. Nah.. Karena batu inilah akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Watu Ulo.

Selain karena batu yang memanjang dan menyerupai ular, Pantai Watu Ulo ini juga memiliki cerita legenda turun - menurun bagi warga sekitar dan telah dipercaya dari generasi ke generasi. Menurut cerita yang berkembang, batu karang yang memanjang dan menyerupai ular ini memiliki panjang kurang lebih berukuran 500 meter. Dan batu karang ini telah dipercaya sebagai sosok perwujudan dari sosok raja naga yang tidur pulas. Ular naga raksasa tersebut merupakan utusan dari Ajisaka yang diperintah untuk melindungi dari berbagai serangan musuh terhadap dirinya. Dan dalam cerita legenda itu menceritakan bahwa suatu saat ular naga raksasa tersebut terbangun dari tidur panjangnya dan berubah menjadi sosok manusia.

Ular naga raksasa tersebut diceritakan mempunyai bentuk yang sangat besar dan tubuh raksasanya itu terpencar - pencar. Bagian badan dari ular naga raksasa ini berada di Pantai Watu Ulo Jember, dan bagian kepala dari ular naga raksasa berada di Pantai Grajakan Banyuwangi sedangkan untuk bagian ekor dari ular naga raksasa ini berada di Pantai Pacitan. 

Certai lain dari dari legenda Pantai Wau Ulo Jember ini adalah bahwa di Pantai Watu Ulo ini pernah terjadi pertarungan antara pemuda dengan seekor ular raksasa, pemuda tersebut bernama Joko Samudera. Dan pertarungan tersebut sangat sengit sehingga melukai keduanya.

Selain cerita mistis dan kisah legenda di Pantai Watu Ulo Jember ini, di Pantai Watu Ulo juga sering dilakukan upacara ada budaya. Seperti upacara Larung Sesaji yang diadakan setiap tanggal 7 bulan syawal atau warga setempat menyebutnya lebaran ketupat. Upacara larung sesaji ini merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih dari para nelayan yang tinggal di sekitar Pantai Watu Ulo.

Keindahgan dan Potensai Alam Pantai Watu Ulo Jember

Terlepas dari Cerita legenda Pantai Watu Ulo Jember, Pantai Watu Ulo juga mempunyai keistimewaan yang wajib sahabat traveler ketahui. Keindahan panorama yang ditawarkan Pantai Watu Ulo ini sungguh sangat mempesona. Di Pantai Watu Ulo ini juga sangat bagus sekali di jadikan spot foto untuk di upload di media sosial.

Pantai Watu Ulo memiliki pemandangan laut yang sangat indah dan di sepanjang pinggiran pantai, sahabat traveler bisa melihat banyaknya perahu tradisional milik para nelayan yang tentunya menjadi keunikan tersendiri untuk dijadika spot foto di bingkai camera sahaba traveler semua.

Sumber Foto by : tempatwisata.pro

Ombak yang ada di Pantai Watu Ulo ini sebenarnya masih cukup besar, meski demikian para pengelola dan petugas pantai masih membolehkan sahabat traveler melakukan aktivitas berenang di Pantai Watu Ulo ini. Disekitaran Pantai Watu Ulo juga banyak terdapat rest area dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Di warung - warung tersebutlah sahabat traveler dapat menikmati berbagai macam sajian es kelapa mudah dan makanan lain. 

Lokasi Tempat Wisata Pantai Watu Ulo Jember

Jika sahabat traveler ingin mengunjungi Tempat Wisata Pantai Watu Ulo Jember ini, maka tentunya sahabat traveler harus tahu Lokasi Pantai Watu Ulo ini. Pantai Watu Ulo ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai Watu Ulo ini memilki jarak 40 km dari pusat kota ke arah selatan.

Pantai Watu Ulo ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Papuma yang cukup terkenal di Jember dan bahkan sangat terkenal di dunia maya. Tetapi walaupun lokasi Pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo tidak kalah karena Pantai Watu Ulo memiliki beberapa cerita sejarah dan legenda yang terkenal. 

Akses Jalan Menuju Pantai Watu Ulo Jember

Agar sahabat traveler tidak kesasar untuk menuju Pantai Watu Ulo, perlu sahabat traveler beberapa panduan akses jalan menuju Pantai Watu Ulo Jember.

Jika sahabat traveler berangkat dari Surabaya maka sahabat traveler akan melewati jalur alternatif di Kabupaten Lumajang. Lebih tepatnya sahabat traveler nantinya akan melewati rute Surabaya - Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember.

Sumber Foto by : wongjember.com

Jika sahabat traveler berangkat dari arah timur, misalnya sahabat traveler dari Denpasar. Maka sahabat traveler akan melewati pelabuhan penyeberangan di Banyuwangi kemudian sahabat traveler akan melalui jalur Gunung Kumitir.

Nah... Jika sahabat sudah masuk di Kabupaten Jember, sahabat traveler lakukan perjalanan ke arah selatan dan sahabat traveler  bisa mengikuti sesuai petunjuk arah. Jika sahabat traveler masih bingung, sahabat traveler bisa menggunakan bantuan google maps untuk memudahkan menemukan rute terdekat ke Pantai Watu Ulo Jember.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo Jember

Sahabat traveler tidak perlu cemas akan mengeluarkan biaya yang mahal untuk masuk ke area wisata Pantai Watu Ulo Jember. Untuk Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo hanya sebesar Rp. 7.500 untuk setiap orang. Sedangkan untuk biaya parkir, sahabat traveler akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Jam operational Pantai Watu Ulo Jember ini buka selama 24 jam. Jadi sahabat traveler bisa menghabiskan waktu libur di Pantai Watu Ulo Jember ini bersama keluarga. Hal yang berbeda lagi bahwa loket tiket di Pantai Watu Ulo ini ditutup pada jam 5 sore, jadi jika sahabat traveler datang diatas jam tersebut maka tentu saja sahabat traveler tidak perlu membeli tiket masuk Pantai Watu Ulo Jember ini.

Happy Holiday....


EmoticonEmoticon