Heboh... Benda Peninggalan Zaman Purbakala di Situs Duplang

Sumber Foto by : indonesiakaya.com

Situs Duplang Jember - Sahabat traveler tahu Situs Duplang dimana...?? Situs Duplang itu berada di Kabupaten Jember dan berada di lahan yang berukuran tidak lebih dari 10x10 meter. Perlu sahabat traveler ketahui bahwa Situs Duplang telah menyimpan sejarah yang panjang tentang peradaban manusia nusantara di masa lampau. Di Situs Duplang ini telah menyimpan banyak benda peninggalan purba yang posisinya persis ketika awal ditemukan. Situs Duplang ini diperkirakan muncul pada abad ke - 10 setelah munculnya Candi Borobudur pada abad ke - 9. Tetapi banyak juga yang meyakini bahwa Situs Duplang sudah ada sejak abad ke - 4. Dan di tempat ditemukannya Situs Duplang ini merupakan salah satu tempat perkampungan purbakala di Provinsi Jawa Timur.

Banyak sekali benda peninggalan zaman purbakala di dalam Situs Duplang Jember ini antara lain menhir, watu kenong, dan dolmen. Di Situs Duplang ini ramai dikunjungi para traveler khususnya yang ingin mengetahui bagaimana sejarah peradaban masa silam di Nusantara dan lebih dari sekedar tempat wisata bersejarah di Jember, bahkan Situs Duplang telah membuka mata dunia bahwa peradaban manusia nusantara sudah ada sejak berabad - abad silam. Situs Duplang merupakan salah satu diantara kekayaan sejarah yang ada di Indonesia. Tentunya harta sejarah ini harus tetap dijaga sebagai bentuk penghormatan kebudayaan manusia Indonesia.

Keistimewaan dan Daya Tarik Tempat Wisata Situs Duplang Jember

1. Peninggalan Sejarah Di Situs Duplang Jember

Banyak sekali peninggalan benda sejarah yang ditemukan di Situs Duplang ini. Karena Situs Duplang merupakan situs peninggalan pada zaman megalithikum. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari beberapa sumber bahwa di dalam Situs Duplang yang berlokasi di ketinggian antara 270 - 290 meter diatas permukaan laut ini memiliki sekitar 69 buah batu kenong, 6 buah dolmen, 2 buah batu menhir dan 1 lumpang batu dan kubur peti batu. Dan di Desa Kamal sendiri telah banyak ditemukan batu kenong sebanyak 3600 an yang tersebar di beberapa dusun.

Karena hal tersebut, maka Situs Duplang ini tentunya sangat bernilai besar dan sangat berpengaruh pada mulanya peradaban manusia di dunia. Karena Situs Duplang ini merupakan simbol dari akar kekayaan budaya bangsa di masa dahulu. Terbukti Situs Duplang Jember ini telah mengenalkan bahwa pada masa lamapau di desa ini ada kehidupan manusia purba yang berkembang hidup dengan cara berkelompok, menetap dan sudah mengerti betul tentang cara bercocok tanam. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penemuan batu lumpang di Situs Duplang tersebut.

2. Jenis Artefak Di Situs Duplang Jember

Terdapat penemean beberapa artefak di dalam Situs Duplang Jember ini. Diantara penemuan artefak di Situs Duplang ini adalah sebagai berikut :

- Kuburan Batu Atau Dolmen

Kuburan Batu atau Dolem yang ditemukan merupakan sebuah batu besar yang ditopang dengan 4 sampai 6 batu dan disampingnya ditutup dengan batu. Kuburan batu atau dolmen ini dapat berfungsi sebagai meja atau kubur batu. Selain itu dolmen juga dapat berfungsi sebagai tempat meletakkan saji - sajian untuk pemujaan.

Sumber Foto by : rikaaltair.com

- Menhir

Menhir merupakan bangunan yang berupa tugu batu yang tujuan didirikannya untuk upacara penghormatan roh nenek moyang. Menhir ini berfungsi sebagai benda pemujaan. Dan Menhir yang ada di Situs Duplang ini adalah sebuah batu yang berbentuk tegak.

- Batu Kenong

Batu kenong merupakan istilah yang digunakan oleh penduduk setempat, bentuk batu kenong ini adalah silinder dengan tonjolan di puncaknya. Dan terdapat 2 jenis batu kenong yang dibedakan berdasarkan atas tonjolan yang ada di batu kenong. Terdapat dua tonjolan ataupun satu tonjolan di batu kenong yang di temukan di Situs Duplang Jember ini.

- Lesung

Istilah lesung sebenarnya tidak asing. Lesung yang ada di Situs Duplang ini merupakan sebuah batu yang ditengahnya terdapat lubang kecil sebagai tempat unutk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat megalithikum pada zama itu. Pada saat itu, manusia purba megalithikum menggunakan lesung dengan ukuran lubang kecil yang berfungsi untuk menumbuk kopi, padi, dan lain sebagainya namun dalam jumlah yang sedikit.

Adanya penemuan lesung ini merupakan sebuah kepercayaan bahwa di Situs Duplang ini melambangkan simbol suatu kesuburan atau biasa yang disebut dengan lingga yoni. Pada lesaung ini disebut sebagai yoni karena fungsinya sendiri melambangkan kesuburan. Sedangkan pasangan lesung disebut lingga sebagai penutup lubang dari yoni tersebut.

- Peti Kubur Batu

Pada saat itu masyarakat purba sering menggunakan batu sebagai alat utama. Batu tidak hanya dijadikan untuk alat memasak, alat bercocok tanam, tetapi batu juga digunakan sebagai alat menyimpan jenazah dan peti kubur batu yang ada di Situs Duplang Jember ini merupakan peti jenazah yang terbuat dari batu pipih. 

Fasilitas Yang Ada di Situs Duplang Jember

Walaupun keberadaan Situs Duplang Jember ini belum dikelola secara profesional sebagai tempat wisata, tetapi di area Situs Duplang Jember ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas dasar untuk sahabat traveler semua. Adapun fasilitas yang ada di Situs Duplang Jember ini adalah pondok wisata, area parkir, toilet dan musholla.

Lokasi dan Rute Menuju Situs Duplang Jember

Lokasi Situs Duplang Jember ini berada di Desa Kamal yang merupakan sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Argopuro, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Lokasi Situs Duplang ini berjarak sekitar 16 km dari alun - alun Kota Jember.

Jika sahabat tertarik untuk mengunjung Situs Duplang Jember ini, sahabat traveler harus menempuh perjalanan yang cukup lama. Karena mengingat bahwa lokasi Situs Duplang ini terletak di sebuah desa terpencil yang memiliki akses jalan yang cukup rusak dan sempit. 

Sahabat traveler yang ingin berkunjung ke Situs Duplang Jember ini harus menempuh jarak 16 km dari pusat Kota Jember. Sahabat traveler bisa menggunakan kendaraan bermotor ataupun kendaraan roda empat untuk datang ke Situs Duplang ini. Tetapi karena akses jalannya sempit jadi sahabat traveler akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai di lokasi Situs Duplang Jember ini.

Happy Holiday...


EmoticonEmoticon