Eksotika Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Yang Sangat Indah

Salah satu destinasi wisata terfavorit di Banyuwangi adalah Kawah Ijen Banyuwangi. Kawah Ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl ini menyajikan berbagai pemandangan yang sangat menakjubkan. Meski begitu namun para wisatawan harus tetap berhati-hati dengan gunung merapi yang satu ini. Pasalnya, suhu kawah yang satu ini mencapai 200 derajat celcius, dan dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian dan juga tubuh manusia.

Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1999. Meski begitu, namun wisata Kawah Ijen Banyuwangi ini tetap ramai dengan para wisatawan, Baik lokal atau pun luar kota. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat di Banyuwangi dan Bondowoso. Fenomena alam yang selalu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke sini adalah pada kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen ini, yang dinamai dengan Kawah Ijen.

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam, tepatnya berada di ketinggian 2.443 m. dan dengan kedalaman danau 200 m. untuk sahabat traveller yang ingin berwisata ke danau ini tidak usah takut akan merasa sempit dan tidak kebagian tempat. Pasalnya kawah ini memiliki luas kawah hingga 5.466 hektar.


Waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua wisatawan adalah ketika pada waktu dini hari sekitar  pukul 02.00-04.00.  di waktu-waktu ini sahabat traveller akan melihat fenomena yang sangat menakjubkan dari Kawah Ijen. Yakni cipratan api biru atau blue fire yang terlihat lebih cantik menghiasi gelapnya langit.

Pemandangan alami ini tidak bisa sahabat traveller dapatkan dengan mudah di beberapa kawah lainnya. karena hanya tersedia di dua tempat di dunia. yakni Islandia dan Ijen tepatnya Banyuwangi, Jawa Timur.


Selain itu, sahabat traveller juga akan melihat beberapa keindahan gunung lainnya yang bisa sahabat traveller lihat dari puncak Gunung Ijen. Seperti contohnya Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan gunung-gunung lainnya yang akan membuat mata semakin tertarik untuk mengunjungi seluruh destinasi di Indonesia.


Sahabat traveller tidak akan hanya dipuaskan oleh pemandangan alami dari Kawah Ijen yang sangat menakjubkan. Tapi untuk sahabat traveller  yang berwisata Kawah Ijen di Banyuwangi juga bisa menikmati beberapa event yang sering sekali diadakan oleh pemerintah kabupaten banyuwangi. Seperti, tour de ijen atau international tour de banyuwangi ijen, jazz ijen banyuwangi dan event-event lainnya. Tak hanya wisatawan lokal asli Indonesia, namun juga para wisatawan mancanegara banyak yang sengaja menghabiskan liburannya untuk mengunjungi tempat ini. 


Tidak hanya melihat keindahan alam dan menikmati event-event yang diselenggarakan. Tapi sahabat traveller juga bisa menyaksikan kegiatan penambangan di dasar kawah yang merupakan salah satu pencaharian masyarakat sekitar Gunung Ijen. Sahabat traveller bisa melihat betapa alaminya, kuat dan beraninnya para penambang untuk mencari nafkah.



Suatu  hal yang menarik lainnya yang bisa sahabat traveller dapatkan ketika berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi ini adalah adanya taksi manusia. Berbeda dengan taksi pada umumnya, taksi yang satu ini terbuat dari gerobak yang didorong oleh seorang penambang dengan tarif yang tidak terlalu menguras kantong.


Untuk sahabat traveller yang ingin berlama-lama di Kawah Ijen, sahabat traveller juga bisa menyewa Homestay yang di sediakan oleh warga-warga sekitar. Selain itu, sahabat traveller juga bisa menikmati Kopi Lego kopi khas Kawah Ijen.


EmoticonEmoticon