Saturday, January 19, 2019

Destinasi Wisata Osing Banyuwangi

Posted by Admin Blog on Saturday, January 19, 2019

Banyaknya wisata yang tersedia di Banyuwangi membuat kota ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya tidak hanya wisata alam seperti gunung, air terjun, pantai dan isi kota Banyuwangi saja yang bisa dinikmati.

Tapi juga beberapa wisata bersejarah dan tempat-tempat yang bisa menambah wawasan masyarakat untuk lebih mengenal indonesia khususnya wilayah banyuwangi. Salah satunya adalah Wisata Osing Banyuwangi.

Yang dimaksud dengan wisata osing ini adalah mengunjungi desa adat Osing Kemiren, yang terletak di Desa Kemiran, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Masyarakat yang tinggal di desa tersebut merupakan suku Osing. Yakni, masyarakat Blambangan yang memiliki keturunan dari kerajaan Hindu Blambangan yang masih tersisa. Disini, sahabat traveller bisa belajar mengenai adat istiadat serta bahasa yang berbeda dari masyarakat Jawa, Madura, dan Bali.

Desa ini ada sekitar tahun 1830, khas dari Suku Osing ini yang bisa sahabat traveller jadikan wawasan tambahan salah satunya adalah saat mulai bercocok tanam suku ini akan mengadakan slametan dari mulai penanaman benih, hingga musim panen tiba.

Dan ada banyak sekali keunikan lainnya yang bisa sahabat traveller pelajari di suku ini. Untuk bisa mengikuti acara-acara tersebut sahabat traveller dianjurkan untuk datang saat musim cock tanam, pengisian padi dan panen padi. Selain adat istiadat dan acara slametan yang unik, ada juga keunikan lainnya yang bisa sahabat traveller dapatkan di suku asing ini. Keunikan selanjutnya dari Suku Osing ini adalah adanya tradisi Barong Osing.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa barong memiliki ciri khas berbentuk Singa yang memiliki sayap dan juga bermahkota. Saat sahabat traveller berkunjung ke tempat wisata suku Osing ini sahabat traveller juga bisa melihat gagah dan ankernya Barong Osing. Selanjutnya yang bisa sahabat traveller kunjungi ketika berada di Desa Osing adalah Museum Sanggar Genjah Arum. Di sini sahabat traveller akan melihat seperti apa Banyuwangi pada tempo dulu. Di tempat tersebut terdapat 7 rumah adat yang sangat kuno lengkap dengan ornament-ornamennya.

Bahkan perlu sahabata traveller tahu, desa osing juga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai daerah cagar budaya. Selain itu di sini juga terdapat anjungan wisata yang berlokasi tepat di utara desa.
Di sini sahabat traveller bisa melihat rumah-rumah khas osing yang sudah disajikan dalam bentuk miniature. Sahabat traveller juga bisa melihat berbagai tontonan kesenian dari warga setempat, dan beberapa pameran mengenai hasil kebudayaan suku setempat.

Di tempat rekreasi pun sudah dilengkapi dengan kolam renang, tempat bermain, dan masih banyak lagi tempat wisata di Suku Osing yang dapat sahabat traveller nikmati. Tak hanya bisa menghilangkan stress tapi juga bisa menambah wawasan mengenai suku dan adat istiadat unik dari Suku Osing.

Selain itu disajikan pula penampilan Tari Gandrung, tari khas Banyuwangi. Banyak sekali tempat kelestarian yang sangat menarik di Suku Osing, Kemireng, Bumiayu ini. Untuk sahabat traveller yang sedang ingin berlibur, dan bosan dengan liburan yang hanya bersantai menikmati alam, tempat ini merupakan referensi yang paling tepat.

Wisata Osing Banyuwangi Ini juga sangat cocok dijadikan tempat berlibur bagi orang tua yang memiliki anak, sehingga secara tidak langsung anak sahabat traveller akan belajar mengenai berbagai budaya, adat istiadat dari salah satu suku di Indonesia.

Tanpa harus pergi jauh, tanpa harus membuang banyak biaya sahabat traveller dan keluarga atau teman, sahabat bisa berekreasi dengan suasana yang menyenangkan. Tunggu apalagi, segera datang ke banyuwangi dan nikmati beragam objek wisatanya.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment