Nasi Tempong Khas Banyuwangi Telah Naik Kasta

Jika beberapa artikel sebelumnya travelpaketwisata.com telah membahas tentang salah satu kuliner khas banyuwangi yaitu rujak soto. Nah... kali ini travelpaketwisata.com akan sedikit membahas tentang nasi tempong atau biasa disebut dengan nama sego tempong. Nasi Tempong ini juga merupakan makanan khas banyuwangi yang melegendaris dan sangat dikenal oleh masyarakat umum di Banyuwangi. Banyak tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang menyediakan nasi tempong. Dan tidak hanya itus saja, di restaurant, depot - depot, dan bahkan warung kecil biasanya juga menyediakan menu nasi tempong. Biasanya nasi tempong Banyuwangi ini dijual pada sore hari hingga tengah malam, tetapi seiring dengan perubahan zaman, nasi tempong Banyuwangi kini juga yang menjual nasi tempong pada pagi hari hingga tengah malam.

Menurut sejarah, konon di zaman dahulu nasi tempong Banyuwangi atau sego tempong ini merupakan makanan yang biasa disantap para petani disawah dengan lauk pauk yang sangat sederhana sebagai pengisi perut para petani yang sudah bekerja keras disawah. Namun sekarang seperti yang sahabat traveler lihat bahwa nasi tempong Banyuwangi sudah naik kasta dan sudah dikonsumsi masyarakat umum dari barbagai kalangan dan dijual diwarung - warung yang bertebaran di sudut - sudut kota maupun desa di Banyuwangi.

Sebenarnya seperti apakah nasi tempong Banyuwangi ini..?? menu nasi tempong Banyuwangi terdiri dari sepiring nasi panas, sayur rebus dan gorenagan tahu, tempe, ikan asin, serta dadar jagung. Dan nasi tempong Banyuwangi ini dilengkapi sambel mentah yang super pedas. Adapun sayur - sayuran yang digunakan unutk penyajian nasi tempong Banyuwangi antara lain genjer, kubis, kacang panjang, terong, bayam, kangkung, sawi, selada, daun singkong, daun pepaya, dll. Selain sayur - sayuran tersebut, nasi tempong Banyuwangi dapat juga ditambahkan daun kemangi segar dan irisan timun. Sedangkan untuk lauknya sahabat traveler dapat menggunakan ayam, empal, ikan laut, telur, aneka sea food, jeroan, pepes, botok tawon, lele, dan lain - lain.

Yang berbeda dengan makanan lain yaitu nasi tempong Banyuwangi memiliki keistimewaan yang justru terletak pada sajian sambal yang sangat khas. Karena sambal nasi tempong Banyuwangi ini diracik khusus dengan menggunakan bahan yang serba mentah seperti cabe rawit, tomat ranti ( sejenis tomat yang permukaannya bergelombang ), gula pasir, terasi, garam dan tidak lupa air jeruk limau ( jeruk sambal ).

Tomat Ranti

Sensasi rasa pedas nasi tempong Banyuwangi ini serasa membuat sahabat traveler di tempong ( ditampar atau ditempeleng ). Tentu saja ini adalah arti kiasan yang menggambarkan rasa pedas yang ditimbulkan dari sambalnya. Dari sinilah muncul istilah "Nasi Tempong Banyuwangi" yang akan membuat para pencinta makanan pedas bakal ketagihan.

Bagaimana sahabat traveler....?? Apakah sahabat traveler ingin mencobanya....? Silahkan sahabat traveler kunjungi beberapa tempat wisata kuliner di Banyuwangi. Selamat mencoba ya...

Happy Holiday....


EmoticonEmoticon