Sajian Unik ala Banyuwangi - Pecel Rawon Banyuwangi

Selain nasi tempong Banyuwangi, di Banyuwangi masih banyak makanan unik yang menjadi khas di Banyuwangi. Coba sahabat traveler bayangkan jika nasi pecel yang lengkap dengan sayurannya di campur dengan kuah rawon. Tentunya bukan hanya para sahabat traveler saja yang terheran - heran dan penasaran bagaimana rasanya tetapi banyak wisatawan macanegara yang datang juga ingin menyantap makanan unik di Banyuwangi ini. Hidangan perpaduan yang unik ini mulai ada dan populer di Banyuwangi pada tahun 80-an. Pada saat itu sudah banyak kedai atau warung kaki lima hingga restaurant yang menyajikan menu spesial pecel rawon Banyuwangi. Dan hingga saat ini pecel rawon Banyuwangi tetap menjadi kuliner favorit Banyuwangi. Selain rujak soto Banyuwangi pecel yang di campur rawon atau biasa disebut "pecel rawon" ini sangat banyak diburu oleh masyarakat Banyuwangi dan bahkan wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Satu porsi pecel rawon ini berisikan sayuran rebus, seperti bayam, tauge, kacang panjang, dan lengkap dengan sambal pecel atau bumbu pecel, lalu di tambahkan kuah rawon. Bumbu pecel yang memiliki rasa legit dan pedas di campur dengan kuah rawon yang kaya dengan rasa rempah dan kaldu tentunya membuat makanan pecel rawon Banyuwangi ini menjadi nikmat dan lezat.

Dalam proses penyajian makanan pecel rawon Banyuwangi ini tidak boleh sembarangan. Karena jika sahabat menyajikannya dengan sembarangan maka rasa bumbu pecel bisa jadi hilang. Cara menyajikan makanan pecel rawon Banyuwangi yang benar adalah dengan urutan penyajiannya. Awalnya, nasi ditata bersama dengan sayur - sayuran selayaknya makanan pecel biasa di dalam piring, kemudian diberi kuah rawon. Nah... setelah itu baru diberi bumbu pecel yang pedas. Dengan penyajian seperti itu pecel rawon Banyuwangi akan semakin lezat.

Rawon yang digunakan untuk makanan pecel rawon Banyuwangi ini bukan rawon yang menggunakan daging dengan sedikit lemak, tetapi rawon untuk pecel rawon Banyuwangi ini hanya memanfaatkan bagian daging tanpa lemak. Selain itu, ketika pecel rawon Banyuwangi disajikan, rawon hanya diambil kuahnya saja.

Silahkan sahabat traveler mengunjungi tempat wisata kuliner Banyuwangi untuk berburu makanan khas Banyuwangi seperti pecel rawon Banyuwangi.

Happy Holiday


EmoticonEmoticon