Raja Ampat nya Jawa Timur - Waduk Bajulmati Banyuwangi

Jika sahabat traveler pernah mendengar tentang keindahan kepulauan Wayag yang ada di Raja Ampat Papua Barat tentunya sahabat traveler pasti ingin mengunjungi tempat wisata Raja Ampat di Papua Barat tersebut. Namun, untuk mencapai ke tempat wisata Raja Ampat di Papua Barat sahabat traveler akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup mahal. Nah... Jika sahabat traveler ingin berkunjung ke tempat wisata yang mempunyai keindahan mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat, sahabat traveler bisa mengunjungi tempat wisata Waduk Bajulmati yang ada di Banyuwangi Jawa Timur. Keindahan Tempat Wisata Banyuwangi ini membuat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Waduk Bajulmati Banyuwangi ini mempunyai luas sekitar 91,93 hektar yang membendung sungai Bajulmati dengan luas Daerah Tangkapan Air 98,43 Km2  dan luas genangan 91,93 hektar dan memiliki kapasitas dalam menampung air sebanyak 100 juta meter3. Proses pembangunan Waduk Bajulmati ini dilakukan sepanjang tahun 1980 - 2006 mulai dari survey lokasi, study kelayakan, amdal, dampak sosial dan ekonomi, pembebasan lahan sampai dengan pengerjaan. Yang kemudian selanjutnya pembangunan Waduk Bajulmati dilakukan melalui 2 tahap dan selesai pada akhir 2015. Sedangkan pada awal tahun 2017 Waduk Bajulmati resmi dijadikan sebagai objek pariwisata baru yang ada di Banyuwangi.

Wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi ini memiliki pemandangan unik dan sangat memukau dengan hamparan perairan di tengah Waduk yang dihiasi pulau - pulau kecil dengan bentuk mirip dengan Kepulauan Wayag yang ada di Raja Ampat Papua Barat. Untuk dapat berkunjung di tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi ini, sahabat traveler tak harus mengeluarkan banyak biaya. Untuk dapat menikmati indahnya panorama di kawasan bendungan, sahabat traveler dapat membayar biaya parkir sebesar 5.000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi Waduk Bajulmati Banyuwangi.

Rute menuju lokasi Waduk Bajulmati Banyuwangi ini sangatlah mudah walaupun secara geografis bendungan atau Waduk Bajulmati ini terhampar di dua desa yang berada di dua kabupaten yang berbeda. Waduk Bajulmati ini berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Namu, secara adiministratif alamat dari tempat wisata Waduk Bajulmati ini berada di Kabupaten Banyuwangi, maka dari itu banyak sahabat traveler menyebut tempat wisata ini dengan nama tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi.


Untuk berkunjung ke tempat wisata Waduk Bajulmati sahabat traveler yang datang dari arah timur seperti dari Bali dapat meneruskan perjalanan dengan menyusuri jalan poros yang menghubungkan Banyuwangi - Situbondo atau jalur menuju ke Taman Nasional Baluran dengan melewati tempat wisata Watu Dodol dan Pasa Bajulmati. Tempat wisata Bajulmati Banyuwangi berada tepat di sebelah Baluran atau sekitar 10 menit jika ditempuh dengan kendaran bermotor. Jika sahabat traveler datang dari arah Surabaya, sahabat traveler dapat memilih jalur pantura melalui Situbondo ke arah Banyuwangi. Untuk lebih mudahnya sahabat traveler dapat menggunakan sarana transportasi umum dengan jalur Surabaya - Banyuwangi melalui jalur Situbondo dan berhenti tepat di gerbang masuk Waduk Bajulmati. Sebagai petunjuk untuk para sahabat traveler yang belum pernah ke Wisata Waduk Bajulmati, sahabat traveler dapat mencari patung sepasang penari Gandrung setinggi 5 meter yang ada di tepi jalan. Di depan patung Gandrung itulah gerbang masuk Waduk Bajulmati.

Fasilitas di Tempat Wisata Waduk Bajulmati

Seperti Taman Nasional Baluran yang sudah mendapat julukan sebagai Little Africa Van Java, maka tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi ini juga mendapat julukan sebagai Miniatur Raja Ampat. Pulau - pulau kecil yang eksotis yang terdapat di perairan Waduk Bajulmati Banyuwangi inilah yang menjadi daya tarik utama Waduk Bajulmati dan dijuluki sebagai Miniatur Raja Ampat. Biasanya pulau - pulau kecil inilah yang di jadikan latar belakan foto bagi para sahabat traveler yang berkunjung di Waduk Bajulmati Banyuwangi. Tidak hanya itu saja, Jalan yang membentang di kawasan Waduk Bajulmati Banyuwangi dengan panjang sekitar 100 meter yang dibatasi oleh pagar ini menyerupai sebuah lorong panjang tidak terbatas ini juga dapat di jadikan spot foto yang menarik dan unik. Serta Keindahan panorama Waduk Bajulmati semakin lengkap dengan Gunung Baluran dan Gunung Ijen yang tampak di kejauhan saat cuaca sedang dalam keadaan cerah.


Di tempat wisata Waduk Bajulmati ini sahabat traveler tidak hanya dapat berfoto saja. Sahabat traveler dapat melakukan aktivitas yang menarik yang dapat sahabat traveler lakukan di Waduk Bajulmati Banyuwangi diantaranya seperti area outbound dan permainan ATV. Jika sahabat traveler ingin menelusuri kawasan perairan Waduk Bajulmati Banyuwangi dan singgah di pulau - pulau kecil dan eksotis yang ada di tengah Waduk Bajulmati Banyuwangi, sahabat traveler dapat menyewa speedboat dengan harga yang terjangkau. Sedangkan bagi sahabat traveler yang hobi memancing, di Waduk Bajulmati Banyuwangi terdapat cukup banyak spto pemancingan yang ada di lokasi Waduk Bajulmati Banyuwangi.


Fasilitas lainnya yang terdapat di tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi seperti area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet, serta rest area yang rindang oleh pepohonan seluas 4.000 meter2 dan juga terdapat banyak outlet - outlet yang menjual berbagai macam produk unggulan dari UMKM yang ada di wilayah Banyuwangi dan Situbondo.

Wisata Kuliner di Waduk Bajulmati Banyuwangi

Sahabat traveler tidak perlu cemas jika berwisata di Waduk Bajulmati Banyuwangi, karena di tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi ini sahabat traveler dapat menjupai sejumlah cafe, restoran, warung yang menghidangkan berbagai macam menu makanan dan minuman. Disinilah sahabat traveler dapat menemukan beberapa menu makanan khas Banyuwangi seperti Sego Cawuk, Nasi Tempong dan menu yang merupakan perpaduan dua junis makanan sepert Rujak Soto dan Pecel Rawon.



Tempat Menginap di Waduk Bajulmati Banyuwangi.

Bagi Sahabat traveler yang ingin menikmati suasa malam di tempat wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi, sahabat traveler dapat menggunakan fasilitas bermalam di Waduk Bajulmati Banyuwangi yang sudah disediakan. Di Wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi sudah terdapat sejumlah cottage dengan konsep back to nature yang menggunakan bahan kayu sebagai material utama bangunan. Sahabat traveler juga dapat melakukan camping dengan menyewa tenda pada pihak pengelola yang ada di Waduk Bajulmati Banyuwangi.

Happy Holiday.....


EmoticonEmoticon