Green Gumuk Candi adalah Wisata Baru di Songgon Banyuwangi

Kecamatan Songgon merupakan Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Songgon dikenal dengan wisata sejarah Rowo Bayu yang meimiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Banyuwangi. Sebenarnya di Songgon terdapat beberapa tempat wisata yang menarik yang dapat sahabat traveler kunjungi diantaranya Wisata Hutan Pinus, Karo Adventure dan Wisata Tubing X-Badeng. Nah... Wisata terbaru dan lagi hits saat ini adalah Green Gumuk Candi atau biasa yang dikenal dengan GGC.

Wisata Green Gumuk Candi ini memang tergolong masih baru dan masih belum lama diperkenalkan, tetapi keberadaan Wisata Green Gumuk Candi ini mampu menjaring para pengunjung baik pengunjung dari Banyuwangi sendiri maupun pengunjung dari luar kota. 

Lokasi Wisata Green Gumuk Candi yang ada di Banyuwangi ini berada di atas sebuah bukit yang hijau dengan pepohonan di Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, Gumuk Candi dulunya merupakan sebuah gundukan tanah atau orang Banyuwangi menyebutnya Gumuk dari batu bata yang dipercaya merupakan sebuah bangungan candi yang dijadikan tempat persembahyangan. Pada saat Gumuk Candi ini digunakan tirakat oleh banyak orang, banyak orang - orang yang jahil mengambil batu - batu tersebut dan hingga saat ini bangunan candi sudah tidak ada lagi. Itulah mengapa tempat wisata ini dinamakan Green Gumuk Candi.

Wisata Green Gumuk Songgon Banyuwangi ini tergolong tempat wisata yang unik. Untuk mencapai di puncak gumuk, sahabat traveler harus berjalan mendaki bukit selama kurang lebih 15 menit dari areal parkir kendaraan. Pihak pengeloloa menyasiapkan du jalur pendakian yang berjajar berdekatan dengan anak tangga yang tersusun rapi, sehingga sahabat traveler tidak sampai harus berdesakan saat naik ke puncak gumuk. Salah satu hal yang unik di Tempat Wisata Green Gumuk ini adalah di sebuah papan di awal anak tangga yang bertuliskan kalimat cukup menggelitik "Nyampe puncak yakin anda akan terlihat 1 tahun lebih muda". Kalimat tersebut sesuatu hal yang unik dan sekaligus pengingat bahwa sebenarnya saat para sahabat menaiki tangga menuju puncak gumuk Wisata Green Gumuk itu sahabat traveler melakukan olahraga yang akan membuat sahabat traveler sehat.

Dua tangga yang berjajar rapi tersebut terdapat tanaman kopi di tengahnya. Tentunya hal ini membuat sahabat traveler tidak akan merasakan kelelahan. Jika sahabat traveler sudah sampai diatas puncak bukit, sahabat traveler akan melihat sederetan gubuk ala gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekeliling. Jika sahabat traveler beruntung dengan kondisi cuaca yang cerah, sahabat traveler akan di tampakan pemandangan Gunung Raung dan sejauh mata memandang sahabat traveler akan melihat pemandangan yang didominasi hijaunya pepohonan.

Sebelum sahabat traveler mencapai spot utama, sahabat traveler akan menjumpai rumah pohon berlantai dua yang membentang ditengah jalan. Lantai bawah pada rumah pohon ini dijadikan tempat nongkrong dengan meja kursi kecil memanfaatkan kayu penyangga rumah, sedangkan lantai atasnya dibuat lebih terbuka dan sahabat traveler dapat menikmati pemandangan sekitar dengan sangat leluasa.

Spot utama yang ada di Wisata Green Gumuk Candi ini adalah berupa kolam renang berbentuk lengkungan dengan air yang sangat jernih dan air mancur kecil di tengahnya. Kalau sahabat traveler ingin mandi atau berenang di kolam lengkung tersebut, sahabat traveler dapat menyewa ban yang sudah disediakan. Di tepi kolam renang terdapat tulisan Green Gumuk Candi yang besar dengan background hijaunya pegunungan.

Bagi sahabat traveler yang doyan ber instagram, di Wisata Green Gumuk Candi ini menyediakan banyak spot foto yang sangat menarik. Salah satu spot foto yang banyak diminati adalah spot foto yang ada diatas pohon dengan papan berbentuk persegi empat sebagai tumpuan.

Fasilitas yang terdapat di Wisata Green Gumuk Candi terbilang cukup memadai seperti toilet, mushola dan kanting yang tersedia dan menyediakan aneka makanan dan minuman. Semua bangunan yang ada di Wisata Gumuk Candi ini mengunakan bahan kayu dan bambu kecuali kolam renang yang dibuat dari semen.

Tempat Wisata Green Gumuk Candi ini sangat layak dikunjungi bagi para sahabat traveler dalam kota maupun luar kota karena Tempat Wisata Green Gumuk Candi sangat mudah dijangkau dan tidak menguras kantong. Harga tiket masuk Tempat Wisata Green Gumuk Candi ialah sebesar 5.000 per orang sedangkan retribusi parkir hanya 2.000 saja untuk kendaraan roda dua dan 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika sahabat traveler ingin sekali datang ke Tempat Wisata Green Gumuk Candi, sahabat traveler bisa datang mulai pagai hari jam 7 pagi dan tutum di jam 5 sore. Tempat Wisata Green Gumuk Candi ini sebenarnya belum sepenuhnya selesai dibangun, karena masih terus dikembangkan dengan aneka fasilitas yang lain seperti homestay di atas bukit.

Rute Menuju Lokasi Wisata Green Gumuk Candi

Rute menuju lokasi Wisata Green Gumuk Candi sangatlah mudah. Jika sahabat traveler dari arah Banyuwangi sahabat traveler dapat melanjutkan perjalanan menuju Rogojampi, setelah sahabat traveler sampai di Kator Telkom, sahabat traveler akan ditunjukkan pertigaan, lalu sahabat traveler dapat memilih untuk belok kanan menuju ke Kecamatan Songgon sejauh 15 Km. Setelah itu sahabat traveler dapat menemukan Pasar Inpres Songgon yang letaknya di kanan jalan. 100 meter setelah Pasar Inpres, sahabat traveler akan menjumpai pertigaan lagi lalu ambil arah ke kanan dan selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju Green Gumuk Candi kira - kira sejauh 2,5 km hingga sahabat traveler bertemu dengan pintu gerbang.

Seperti biasa, jika sahabat traveler masih bingung dengan rute menuju lokasi Wisata Green Gumuk Candi, sahabat traveler dapat memanfaatkan bantuan aplikasi Google maps.

Happy Holiday....



EmoticonEmoticon