Berwisata Melihat Penyu Bertelur - Pantai Sukamade Banyuwangi

Banyuwangi merupkan kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik. Tempat Wisata Banyuwangi di dominsi wisata pantai. Walaupun sebenarnya selain keindahan pantai Banyuwangi, di Banyuwangi juga banyak tempat wisata alam pegunungan yang tidak kalah indahnya seperti, Tempat wisata Gunung Raung, Tempat Wisata Kawah Ijen atau Gunung Ijen, Lori Wisata Banyuwangi, dan beberapa air terjun cantik juga banyak terdapat di Banyuwangi seperti Tempat Wisata Air Terjun Pertemon, Tempat Wisata Air Terjun Pelangi Coklak, dan lain sebagainya. Nah.. Kali ini travelpaketwisata.com akan men review salah satu tempat wisata Banyuwangi memiliki eksotisme dan kelangkaan di banding dengan tempat wisata Banyuwangi lainnya. Tempat wisata Banyuwangi tersebut adalah Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade merupakan tempat wisata alam pesisir yang berada di Meru Betiri National Park yang dikenal dengan surganya penyu bertelur. Pantai Sukamade ini terletak di kawasan hutan lindung dengan pantainya yang menjadi kawasan hijau dengan bagian dalamnya ada perkebunan kopi, karet dan coklat.

Sejarah Pantai Sukamade Banyuwangi

Menurut Sejarah yang berkembang di masyarakat, Pantai Sukamade ini ditemukan oleh kolonial Belanda pada tahun 1927. Dulu awalnya penyu di wilayah ini menjadi perburuan masyarakat dan untuk menanggulangi masalah tersebut maka dibentuklah kawasan lindung sejak tahun 1972. Tetapi sampai pada tahun 1979 di kawasan Pantai Sukamade ini masih terdapat perburuan telur penyu. Dan akhirnya sekarang pengumpulan telur penyu, pemindahan anakkan dan penangkapan penyu dilarang keras demi untuk melindungi penyu hijau yang ada di Pantai Sukamade ini.

Akses Menuju Lokasi Pantai Sukamade Banyuwangi

Akses menuju lokasi Pantai Sukamade dibilang cukup menantang. Lokasi objek wisata alam Pantai Sukamade Banyuwangi ini sangat jauh dari Kota Banyuwangi, jaraknya saja sekitar 100 km dari Kota Banyuwangi. Dan waktu tempuh selama perjalanan sekitar 5 jam dari Kota Banyuwangi. Akses menuju lokasi Pantai Sukamade dapat ditempuh dari Banyuwangi atau rute timur, dan akses menuju lokasi Pantai Sukamade juga dapat ditempuh dari jalur arah Jember atau rute Barat.

Akses menuju lokasi Pantai Sukamade dari arah Banyuwangi antara lain : Banyuwangi Kota - Jajag - Pesanggaran - Sarongan - Rajegwesi - Sukamade. Sedangkan akses menuju lokasi Pantai Sukamade dari arah Jember antara lain : Jember - Jajag - Pesanggaran - Sarongan - Rajegwesi - Sukamade.
Akses menuju lokasi Pantai Sukamade ini memang tidak mudah. Sahabat traveler akan melalui jalan berliku dan menanjak. Selain itu sahabat traveler akan menjumpai beberapa titik dengan jalan rusak dan penuh lumpur.  jalan berkelok menuju Pantai Sukamade ini sepanjang sekitar 30 km mendekati Sukamade dan Jalan paling megangkan ialah di 10 km dari Sukamade karena sahabat traveler akan melewati sungai dengan kedalaman 40 cm. Jika sahabat traveler ingin mengunjungi atau berwisata di Pantai Sukamade, sahabat traveler kami sarankan untuk menggunakan kendaraan model offroad seperti mobil jeep dan motor cross. Karena perjalanan menuju Pantai Sukamade akan memacu adrenalin sahabat traveler semua.

Fasilitas dan Aktivitas di Pantai Sukamade Banyuwangi

Di Tempat Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi ini sahabat traveler  dapat melihat penyu bertelur. Tetapi untuk melihat penyu bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi ini sahabat traveler harus menginap di mess atau wisma karena waktu penyu bertelur adalah pada saat malam hari. di Pantai Sukamade Banyuwangi ini banyak penginapan yang tersedia sehingga sahabat traveler tidak perlu bingung untuk mencarinya. Terdapat banyak jasa penginapan yang berada disekitar pesisir maupun yang berjarak lebih dari 5 km dari Pantai. Fasilitas yang ada di penginapan tersebut cukup lengkap dengan kamar tidur, toilet, ruang tamu, dan juga disediakan sarapan dan makan malam. Jika Sahabat traveler menyukai petualangan, maka di Pantai Sukamade ini juga menyediakan fasilitas camping ground yang dapat sahabat traveler gunakan.

Untuk melihat langsung saat penyu bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi ini, Sahabat traveler dapat mengikuti tur yang dimulai malam hari sekitar pukul 19.30 hingga pukul 24.00 dimana waktu tersebut merupakan saatnya penyu kembali ke laut.

Untuk melihat penyu bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi ini tentunya ada aturan yang harus sahabat traveler patuhi seperti tidak menggunakan senter atau alat pencahayaan lainnya karena hal ini dapat mengganggu penyu bertelur. Selain itu, sahabat traveler juga akan diuji kesabaran dan ketelitian dalam menunggu penyu yang akan bertelur.

Perlu sahabat traveler ketahui bahwa penyu menggunakan siripnya untuk naik ke Pantai berjalan di atas pasir, Lalu kemudian penyu - penyu tersebut membuat lubang pada daerah tertentu juga menggunakan siripnya untuk meletakkan telur - telurnya. Penyu mampu bertelur hingga 100 butir telur dalam sekali bertelur. Setelah penyu - penyu bertelur, biasanya penyu - penyu tersebut menutup lubang yang ada telur penyu tersebut dengan pasir. Uniknya penyu akan membuat lubang galian lagi sebagai kamuflase untuk mengelabui predatornya.

Setelah penyu - penyu yang ada di Pantai Sukamade ini bertelur dan kemudian kembali ke laut, maka pada saat itulah petugas akan mengambil telur - telur penyu untuk dibawa ke tempat penetasan. Hal ini bertujan agar jumlah penetasan dan rasio kehidupan tukik dapat meningkat sehingga populasi penyu - penyu yang ada di Pantai Sukamade dapat terjada kelestariannya. Perlu sahabat ketahui bahwa penetasan telur memerlukan waktu sekitar 60 sampai 75 hari. Setelah itu tukik yang berusia 2 minggu kemudian dilepas ke pantai. Nah.... pada saat pelepasan tukik tukik inilah biasanya dijadikan moment untuk mengambil gambar. Banyak para wisatawan yang ikut dalam pelepasan tukik ke pantai lalu mengabadikannya dengan kamera mereka.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Sukamade Banyuwangi

Untuk masuk ke tempat wisata Pantai Sukamade Banyuwangi ini sahabat traveler tidak perlu merasa kemahalan. Harga tike masuk ke Pantai Sukamade Banyuwangi ini relatif sangat murah. Untuk pengunjung domestik maupun mancanegara yang ingin berkunjung di Pantai Sukamade ini cukup membayar tiket masuk sebesar 10rb hingga 25rb untuk setiap orangnya. Jika sahabat traveler ingin ikut dalam pelepasan tukik di Pantai Sukamade maka sahabat traveler akan dikenakan biaya tambahan sebesar 50rb untuk setiap rombongan. Dan pelepasan tukik ini biasanya dilakukan rutin setiap pagi hari.

Tips Berkunjung Ke Pantai Sukamade Banyuwangi

1. Gunakan kendaraan model offroad dengan kondisi prima, karena mengingat akses jalan menuju Pantai Sukamade masih tergolong susah.
2. Membawa perlengkapan obat - obatan dan disarankan membawa obat nyamuk atau obat serangga seperti lotion anti nyamuk atau sejenisnya.
3. Membawa senter atau alat penerangan lainnya. Namun jangan digunakan saat menunggu penyu bertelur.
4. Disarankan membawa bekal makanan dan minuman atau paling tidak membawa cemilan.
5. Siapkan stamina yang prima.

Happy Holiday.....


EmoticonEmoticon