Harga Tiket, Foto dan Lokasi Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Saat ini Banyuwangi memang sedang ramai diperbincangkan terkait pariwisatanya. Berberapa tempat wisata Banyuwangi sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara seperti Indahnya Pantai G-Land dan eksotisme Pantai Pulau Murah. Tidak hanya itu saja, Puncak Gunung Kawah Ijen juga menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan mancanegara. Saatu lagi keindahan pantai yang dimiliki Banyuwangi adalah Pantai Teluk Hijau atau Green Bay yang juga menjadi jujukan para wisatawan lokal dan mancanegara.

Keindahan Pantai Teluk Hijau atau Green Bay

Mengapa dinamakan Teluk Hijau karena air yang ada di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini dari kejauhan akan terlihat berwarna hijau air lautnya. Hal inilah yang membuat keunikan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau Green Bay dibanding dengan pantai lain yang biasanya memiliki warna biru. Hijau air yang terdapat di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi berasal dari dasar laut yang dangkal dan terdapat alga sehingga memantulkan warna hijau. Jika sahabat traveler tiba di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, sahabat traveler akan mendengar suara ombak menghantam sebuah karang dan suaranya berbeda dengan suara ombak di pantai lain.

Keindahan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau Green Bay di Banyuwangi ini sungguh sangat luar biasa. Di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini sahabat traveler akan melihat pasir berwarna putih dan tentunya air lautnya yang begitu jernih sehingga sahabat traveler dapat bermain air laut dan bermain pasir di pantai. Masih banyak keunikan yang ada di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau Green Bay Banyuwangi seperti adanya air terjun yang berjarak 20 meter di sisi sebelah timur yang biasanya dapat dilihat pada saat musim hujan saja dan akan menimbulkan debit air yang sangat besar. Sehingga pada saat sehabis sahabat traveler bermain air laut di pantai, sahabat traveler bisa langsung bilas di air terjun ini. Konon ceritanya bahwa air terjun yang ada di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini mengandung cerita misteri dan terdengar di masyarakat sekitar. Air terjun yang ada di Teluk Hijau Banyuwangi ini pernah digunakan tempat mandi para legenda bidadari zaman dahulu.

Jalan Menuju Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau Green Bay

Tidak mudah memang untuk bisa mendapatkan pemandangan alam yang sangat mempesona dengan mata telanjang. Tentunya harus dengan penuh perjuangan. Lokasi Teluk Hijau berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini berjarak kurang lebih 90 km dari pusat Kota Banyuwangi dan banyak petunjuk jalan untuk dapat ke Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini. Sahabat traveler dapat mengawali perjalanan ke arah menuju Sukamade yaitu di Taman Nasional Meru Betiri.

Jika sahabat traveler sudah sampai di Kecamatan Pesanggaran, sahabat traveler masih akan membutuhkan jarak tempuh sekitar 26 km lagi untuk menuju Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Di perjalanan sahabat traveler nanti akan menemukan persimpangan Patung Penyu maka artinya sahabat traveler sudah dekat dengan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Setelah itu sahabat traveler akan menemukan lagi simpang empat di Pasar Pesanggaran lalu kemudian Kantor Desa Sumbermulyo. Dari Desa Sumbermulyo ini berlanjut menuju Desa Sumberagung. Selanjutnya jalan yang akan dilalui sahabat traveler cukup berkelok - kelok dan melewati gunung dan hutan jati. Setelah melewati hutan jati, sahabat traveler akan bertemu dengan perkebunan tanaman karet. Perkebunan ini merupakan pos terakhir dari Teluk Hijau Banyuwangi. Setelah itu akan menemukan Pantai Rajegwesi. Dari Pantai Rajegwesi inilah sahabat traveler akan ditawari 2 jalur menuju Pantai Teluk Hijau Banyuwangi yaitu menggunakan tracking jalan kaki atau menyebrang menggunakan perahu nelayan.

Jika sahabat traveler suka dengan tantangan maka sahabat traveler dapat memilih jalur tracking dengan jalan kaki untuk sampai ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Dan memang untuk mencapai Pantai Teluk Hijau Banyuwangi membutuhkan perjuangan yang menantang adrenalin dan memulai jalan setapak yang curam dan berbatu. Sahabat traveler harus menuruni bukit dan menembus hutan dengan pepohonan yang besar-besar. Setelah sahabat traveler melewati medan yang cukup menguras stamina, sahabat traveler akan sampai di daerah yang terbuka.

Kemudian setelah itu sahabat traveler akan mendengar ombak besar menghantam karang dan dihadapan sahabat traveler terbentang pantai yang dipenuhi hamparan bebatuan bulat yang terdiri dari berbagai ukuran besar dan kecil yang tersusun rapi di sepanjang garis pantainya. Pantai ini dinamakan Pantai Batu.

Jika perjalanan sahabat traveler menuju ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi sudah melewati Pantai Batu, berarti Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi sudah semakin dekat. Kerana letak Pantai Teluk Hijau Banyuwangi bersebelahan dengan Pantai Batu. Tetapi bagi sahabat traveler yang baru saja datang ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi mungkin akan sedikit kesulitan menemukan jalan akses ke Teluk Hijau, dan bahkan bisa saja bingung dan putus asa. Hal ini karena memang lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi agak tersembunya di balik bukit karang kecil di sisi barat Pantai Batu. Walaupun jaraknya dari Pantai Batu hanya 300 meter lagi, Pantai Teluk Hijau memang sedikit sulit ditemukan.

Sahabat traveler harus menemukan akses untuk masuk ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Lanjutkan langkah kaki lurus saja masuk hutan lewat ujung jalan setapak dengan melewati aliran air seperti sungai kecil, melewati bagian belakang bukit karang dengan pepohonan yang rimbun sampai sahabat traveler menemukan dua batu karang yang berhadapan. Nah... disinilah sahabat traveler sudah menemukan surga tersebunyi di Banyuwangi yaitu Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau Green Bay

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Harga Tike Masuk ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi tidak diberlakukan dengan kata lain adalah Gratis. Hanya saja sahabat traveler akan dikenakan biaya parkir dan membayar jasa menyebrang ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi menggunakan perahu nelayan sebesar 35.000 per orang untuk pulan perginya. Tapi jika sahabat memilih jalur tracking dengan berjalan kaki tentunya tidak ada biaya yang harus dikeluarkan.

Happy Holiday...


EmoticonEmoticon