Harga Tiket, Foto dan Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi

Tempat Wisata Banyuwangi seperti Kawah Gunung Ijen dan G-Land merupakan tempat wisata yang sudah melambung namanya di Dunia Pariwisata. Mungkin beberapa tempat wisata Banyuwangi lainnya akan tinggal menunggu waktu untuk bisa terkenal dan melambung namanya seperti tempat wisata Pantai Pulau Merah atau Red Island. Karena beberapa tempat wisata Banyuwangi juga mempunyai daya tarik dan keindahan alam yang luar biasa seperti Gunung - gunung yang membatasi wilayah Kabupaten Banyuwangi ini membuat wisata alam Banyuwangi ini semakin banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk dunia pariwisata. Seperti Gunung Raung Banyuwangi yang menawarkan beraneka ragam air terjun yang sangat indah yang melengkapi eksotika alamnya. Salah satunya adalah Tempat Wisata Air Terjun Lider Banyuwangi.

Saat sahabat traveler berencana berlibur di Banyuwangi, sempatkanlah untuk mengunjungi Air Terjun Lider. Sahabat traveler dapat menjelajahi Hutan Gunung Raung Banyuwangi sebelum sahabat tiba di keindahan Air Terjun Lider setinggi 60 meter ini. Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi ini di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya Tarik Air Terjun Lider Bagi Para Wisatawan

Air Terjun Lider yang terdapat di lereng Gunung Raung Banyuwangi di sisi timur ini merupakan kawasan Resort Pemankuan Hutan Jambewangi yang memiliki keindahan alam yang menawan. Setiap sudut sudut pandangan mata sahabat traveler akan dimanjakan panorama eksotik. Gemericiknya buih air yang jatuh dari atas mengurai cahaya matahari manjadi spectrum warna pelangi yang sangat menakjubkan. Air Terjun Lider ini berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan tinggi Air Terjun 60 meter.

Tidak hanya Air Terjun Lider saja, tetapi di lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi juga terdapat 4 Air Terjun kecil yang menawan dengan dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata. Panorama Air Terjun Lider Banyuwangi ini sangat luar biasa dengan didukung kondisi alam yang sangat sejuk dan alami dengan hijau rindang pepohonan yang berpadu dengan aneka bebatuan basah yang sangat elegan dengan air yang sangat jernih.



Harga Tiket Masuk Air Terjun Lider Banyuwangi.

Air Terjun Lider Banyuwangi berada di kawasan hutan lindung dan tidak ada fasilitas apapun di sekitar Air Terjun Lider Banyuwangi. Dan bahkan lahan parkir bisa ditemukan di pemukiman warga yang berjarak sekitar 1 km. Sehingga Harga Tiket Masuk Air Terjun Banyuwangi ini tergolong sangat murah. Sahabat traveler cukup mengeluarkan uang sebesar 3.000 untuk masu di Air Terjun Banyuwangi, sedangkan biaya parkir di Air Terjun Lider Banyuwangi sebesar 2.000 motor dan 5.000 untuk mobil. Harga Tiket Masuk Air Terjun Lider Banyuwangi dapat berubah - ubah sesuai aturan pengelola Tempat Wisata Air Terjun Lider Banyuwangi

Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi

Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Lider Berjarak sekitar 45 km dari Pusat Kota Banyuwangi. Sahabat traveler dapat mengunjungi Air Terjun Lider Banyuwangi dengan dua jalur yang bisa ditempuh mengunakan mobil maupun motor. Kondisi jalan tidak bagus, terlebih pada saat musim hujan jalan bisa licin.

Dua Jalur yang dapat dipilih oleh sahabat traveler untuk mencapai Air Terjun Lider Banyuwangi ini adalah melalui Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu sejauh 15 km. Dan Jalur Kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon sejauh 8 Km.

Jalur Pertama Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi

Untuk jalur pertama sahabat traveler dapat melalui perjalanan dari Kota Banyuwangi lanjut perjalanan ke Kecamatan Genteng. Kemudian sahabat traveler lanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Kecamatan Sempu dengan jarah sejauh 7 km. Setelah itu sahabat traveler menuju Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon melewati Desa Jambewangi sejauh 7 km. Batas akhir sahabat traveler berkendara ada di pos 1 yaitu kawasan perkebunan di dukuh Lider.

Jalur Kedua Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Lider Banyuwangi

Untuk jalur kedua sahabat traveler dapat melalui perjalanan dari Desa Sragi, Kecamatan Songgon yang berjarak sekitar 8 km dari arah perkampungan warga. Ketika sahabat traveler berada di Desa Bejong, sahabat traveler akan menemukan pos penjagaan di pertigaan jalan. Lalu sahabat traveler belok ke kiri dan ikuti jalan hingga sahabat traveler menemukan perkampungan, tempat pemberhentian terakhir untuk memarkir kendaraan. Lalu sahabat traveler dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Air Terjun Lider Banyuwangi akan melewati lahan perkebunan hingga turun dan bahkan melewati beberapa tebing yang curam, hingga menyeberangi sungai sebanyak 7 kali. Tetapi sahabat traveler tidak perluh khawatir, karena sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Lider Banyuwangi sahabat traveler melintasi hamparan hutan pinus, cengkeh, tebu dan pemukiman khas perkebunan dengan jalan setapak yang tertata rapi lengkap dengan petunjuk jalan. Lebar jalan sekitar setengah meter disisi tebing jurang. Sahabat traveler akan melalui jalan tersebut dari Pos 1 hingga sampai di Air Terjun Lider Banyuwangi yang berjarak sekitar 1 km.

Happy Holiday....


EmoticonEmoticon