Tuesday, October 29, 2013

Cara Mengatasi Perbedaan Bahasa Saat Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri

Posted by Admin Blog on Tuesday, October 29, 2013

Apakah Anda termasuk orang yang suka melakukan perjalanan ke luar negri atau anda baru akan melakukan perjalanan keluar negeri untuk yang pertama kalinya? Bila jawabannya iya, tentu anda tidak mau kegiatan perjalanan anda terganggu karena kendala perbedaan bahasa bukan? Terlebih lagi bila harus pergi kedaerah asing dimana mayoritas penduduknya tidak bisa bahasa lain selain bahasa setempat. Tentu akan sangat membingungkan dan merepotkan terutama apabila anda menanyakan arah dan petunjuk jalan bila ingin pergi ke tempat tertentu. Berbagai bisa menanti anda, mulai dari tersasar ke tempat yang salah, dibawa berputar-putar oleh supir taksi, salah pengertian, hingga ancaman kejahatan. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu dan mengantisipasi bila anda sedang terjebak dalam situasi tersebut.

1. Hafalkan kata-kata dan ungkapan penting

Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan carilah infromasi terlebih dahulu tentang lokasi yang hendak di tuju. Hafalkan atau catatlah beberapa kata dan ungkapan yang penting dan paling sering untuk digunakan dan dipelukan untuk berkomunikasi, seperti kata tolong, maaf, terima kasih, kapan, dimana, toilet, selamat pagi, selamat malam, dan yang lainnya.

2. Bahasa isyarat

Biasanya, bahasa isyarat adalah cara paling ampuh untuk menjembatani bagi dua pihak yang tidak saling memahami bahasa satu sama lain. Namun, kita tetaplah harus berhati-hati jika menggunakan bahasa isyarat. Kadangkala ada isyarat tertentu yang tidak sama bahkan bertentangan artinya di dua wilayah. Untuk memahami hal ini tentunya kita harus mempelajari terlebih dahulu mengenai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Beberapa contoh bahasa isyarat yang paling sering digunakan seperti mengangkat ibu jari yang mengartikan oke, melambaikan tangan artinya mengucapkan salam perpisahan, dan menggelengkan kepala untuk mengartikan tidak.

3. Menulis

Ada beberapa hal yang lebih baik  bila disampaikan dengan cara ditulis dari pada diucapkan. Di beberapa negara ada yang bahasanya sangat sensitif pada pengucapan dan intonasi sehingga salah pengucapan bisa berarti yang lain. Dengan menuliskan di secarik kerta yang menjadi maksud anda, kesalahpahaman akan dapat dihindari. Bila Anda berjalan-jalan di Cina, misalnya akan lebih mudah bila anda menunjukkan brosur tempat yang akan dikunjungi. Atau Anda juga bisa minta tolong petugas penginapan untuk menuliskan alamat tempat yang akan dituju dengan menggunakan kata-kata dalam bahasa setempat.

4. Membawa alat bantu

Terutama bagi yang suka berbelanja, sangat disarankan untuk membawa alat bantu berupa kalkulator, alat penerjemah, atau ponsel yang dilengkapi software penerjemahan. Benda tersebut akan sangat berguna. Dengan menggunakan kalkulator terutama yang dilengkapi dengan konversi mata uang, anda dapat dengan mudah menghitung harga dalam kurs yang berbeda. Kalkulator juga biasanya dapat digunakan untuk menunjukan harga yang ingin ditawar antar pembeli dan penjual. Alat penerjemah tidak kalah manfaatnya dengan kalkulator. Alat ini memudahkan untuk menemukan kata dan ungkapan yang tepat untuk mengkomunikasikan apa ingin anda sampaikan.

Demikian tips yang dapat kami bagi. Semoga bermanfaat. Ada baiknya bila sebelum melakukan perjalanan anda memperhatikan segala keperluan yang akan dibutuhkan agar perjalanan berlangsung lancar dan menyenangkan. Selamat melakukan perjalanan. Cheers!

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment