Kuliner ala Keluarga Keraton Yogyakarta di Bale Raos

Kehidupan keluarga Kerajaan tentunya selalu membuat penasaran karena aturan dan adat istana yang kebanyakan berbeda dengan orang awam. Nah, untungnya kita diberi kesempatan untuk mengintip sedikit selera para Bangsawan dari Keraton Yogyakarta terutama kulinernya, lewat sajian di Bale Raos.

Bale Raos ini merupakan salah satu restoran yang unik di Yogyakarta pendirinya adalah GKR Hemas yang merupakan Permaisuri dari Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menduduki tahta saat ini. Menurut beliau, pendirian  Bale Raos ini adalah untuk melestarikan kebudayaan khususnya lewat kuliner.

Yang unik dari Bale Raos yang berlokasi di area Kagungan Dalem Kemagangan, Jl. Mgangan Kulon no.1,  ini adalah menu-menunya. Hidangan yang bisa kita pilih untuk dinikmati merupakan hidangan favorit dari Raja-raja Keraton Yogyakarta, menarik bukan?

Begitu memasuki restoran ini, nuasana aristokrat Jawa yang kental langsung terasa. Konsep bangunan dari Bale Raos sendiri adalah gaya Joglo yang merupakan gara arsitektur khas Jawa. Kita bisa memilih untuk bersantap di area indoor atau outdoor yang sama-sama d

Nah, ada beberapa menu yang direkomendasikan untuk dicoba antara lain Bebek Suwar Suwir yang merupakan hidangan kegemaran Sultan HB X, Semur Piyik favorit Sultan HB IX,  Sop Timlo favorit PB X, Urip-urip Gulung dari Sultan HB VII, dan juga  Beer Jawa yang merupakan minuman tanpa alkohol yang terbuat dari campuran rempah-rempah yang bisa menghangatkan badan. Selain itu masih banyak lagi menu-menu yang eksotis dan klasik seperti Sop Tomat, Sop Kacang Merah dan hidangan-hidangan lainnya yang merupakan menu perbaduan Jawa dan Eropa.


Karena letaknya masih di area Keraton Yogyakarta, Bale Raos bisa menjadi pilihan untuk menikmati kuliner sekaligus berwisata sejarah. Paling pas jika kita mampir pula ke Keraton dan Taman Sari. Letaknya pun tidak terlalu jauh dengan pusat cindera mata daerah Malioboro, jadi sekalian saja mengunjungi Bale Raos, menikmati kuliner para Raja Keraton Yogyakarta.
itata dengan nuansa klasik dan elegan. Penataan lampu dan penerangan pun ditata sedemikian rupa sehingga menimbulkan suasana tentram dan nyaman, apalagi kita bisa dihibur oleh alunan gendhing yang mengalun merdu.

Sumber : htthttp://travelblog.ticktab.com/2013/08/23/kuliner-ala-keluarga-keraton-yogyakarta-di-bale-raos/


EmoticonEmoticon