Monday, October 28, 2013

Jalan - Jalan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan

Posted by Admin Blog on Monday, October 28, 2013

Kalo melihat judul artikel kali ini, pasti sekilas timbul dalam pemikiran sobat travelpaketwisata.com bahwa penulis akan membahas artikel jalan-jalan yang berkaitan dengan alam, atau mungkin memberikan tips bagaimana tetap have fun bertualang tapi sambil tetap menjaga kebersihan lingkungan. Nyaris mendekati tetapi masih kurang tepat. Kali ini penulis ingin membahas tentang kendaraan apa yang bisa sobat travelpaketwisata.com gunakan selama perjalanan tetapi tetap ramah dengan lingkungan.

Seperti kita ketahui, selama ini semua kendaraan bermotor yang ada di planet bumi masih menggunakan produk olahan minyak bumi sebagai bahan bakarnya baik itu bensin maupun solar untuk kendaraan bermesin diesel. Hasil pembakaran dari kendaraan-kendaraan tersebut berupa gas buang yang mengandung gas monoksida (CO), hidrocarbon (HC), dan Nitroksida (NOx)yang berbahaya bukan hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi manusia. Memang belum lama ini mulai dikembangkan  kendaran dengan bahan bakar gas alam dengan gas buang yang lebih ramah lingkungan. Belum lagi perusakkan lingkungan yang diakibatkan eksplorasi yang berlebihan terhadap bahan bakar fosil ini.

Untuk mengatasi hal ini, para ilmuwan telah mengembangkan beberapa kendaraan dengan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan pengganti bahan bakar minyak yang persediaannya juga semakin menipis. Mulai dari menciptakan mobil bertenaga matahari, mobil hybrid yang sumber tenaganya menggabunggkan pembakaran dalam dengan internal combustion engine dengan motor listrik, mobil litrik fuel cell dengan sumber listriknya sendiri melalui penggabungan gas hidrogen dan oksigen, mobil dengan bahan bakar biofuel atau bahan bakar nabati, mobil berbahan bakar gas alam, hingga mobil yang menggunakan hydrogen sebagai bahan sumber bahan bakarnya.

Salah satu yang pengembangannya cukup pesat dibanding yang lainnya adalah kendaraan hibrida yang menggabungkan antara mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine berbahan bakar bensin dan  motor listrik yangg memakai baterai sebagai sumber energinya. Saat ini telah berkembang dua jenis mobil hybrid. Yang pertama mengggunakan mesin bensin atau diesel sebagai penggerak utama dan motor listrik sebagai penggerak tambahan. Yang kedua, adalah yang mengunakan motor listrik sebagai penggerak utama dan mesin bensin sebaggai penggerak tambahan. Untuk jenis yang kedua ini, kini bahkan telah dikembangkan menjadi lebih efisien. Mesin sepenuhnya digerakkan oleh baterai listrik. Untuk pengisian penuh, mobi dapat menempuh jarak hingga 100 KM. Apabila listrik kendaraan menipis, mesin bensin akan secara otomatis menyala, hanya hingga baterai penuh kembali. Apabila baterai sudah penuh maka mesin bensinpun akan mati dan berganti dengan mesin listrik. Ini membuat penggunaan bensin lebih efisien dan ramah lingkungan. Baterai juga dapat diisi dengan menggunakan colokan listrik.

Bagi anda yang suka berpergian atau jalan-jalan dengan membawa mobil, kini ada pilihan jalan-jalan yang ramah lingkungan. Anda dapat memiih dari berbagai alternatif kendaraan yang ditawarkan. Dari yang berbahan bakar tenaga matahari, hinga bermesin hybrid yang memadukan tenaga mesin listrik dan mesin bensin yang lebih ramah lingkungan. Semua inovasi itu untuk menghentikan pencemaran gas buang kendaran bermotor yang berbahan bakar fosil yang membahayakan baik bagi lingkungan mauun bagi manusia. Jadi apalagi yang ditunggu. Segera beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan agar kita bisa tetap berjalan-jalan sambil tetap menjaga warisan alam yang indah untuk anak cucu kita. Cheers!


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment