Sunday, October 27, 2013

Indahnya Pemandangan di Pulau Lengkuas

Posted by Admin Blog on Sunday, October 27, 2013

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil dari ratusan pulau yang mengelilingi  Pulau Belitung. Pulau yang luasnya kurang dari satu hektar ini posisinya berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sibuk, Kabupaten Belitung. Untuk mencapai Pulau Lengkuas, para wisatawan dapat menyewa perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Kelayang untuk setengah hari perjalanan.  Dengan menggunakan perahu sewaan berdaya tampung 30-40 orang tersebut. perjalanan menuju tempat ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30-45 menit saja. Ukuran pulau yang tidak terlalu luas memudahkan siapa saja yang ingin berkeliling pulau karena hanya dibutuhkan 20 menit saja untuk berkeliling.

Seperti kebanyakan pulau-pulau di Indonesia yang menjadi objek pariwisata karena keindahan panoramanya demikian juga Pulau Lengkuas. Di sekeliling pulau terdapat banyak pulau-pulau granit kecil yang berpadu dengan pasir putih dan beberapa pohon yang dapat digapai dengan berjalan kaki karena kedalaman airnya hanya maksimal.

1,2 meter saja. Selain pasir putih yang mengelilingi seluruh pantai di pulau ini, permukaan air lautnya sangatlah bening sehingga memungkinkan para wisatawan untuk langsung melihat ke dasar bahkan ke ikan-ikan yang berenang kesana kemari di dalam air. Kenyataan ini menjadikan Pulau Lengkuas salah satu tempat terbaik untuk bermain air dan snorkeling.

Faktor lain yang membuat Pulau Lengkuas layak untuk dikunjungi adalah keberadaan sebuah mercusuar tua yang didirikan tahun 1882 oleh pemerintah kolonial Belanda. Mercusuar tersebut masih berfungsi hinga saat ini dalam memandu lalu lintas kapal keluar-masuk wilayah Belitung. Para pengunjung pulau ini bebas keluar masuk menara yang memiliki 17 tingkat ini dengan terlebih dahulu membersihkan kaki dari air laut dan pasir. Tujuannya adalah agar tidak mempercepat proses perkaratan menara. Meski melelahkan menaiki ke 17 tingkat, namun saat sampai di atas, kita akan disuguhi pemandangan indah keliling pulau yang tidak terelakkan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Lengkuas adalah antara bulan Maret – November. Hal ini dikarenakan ombak lautan tidak begitu besar pada saat-saat itu yang memungkinkan untuk berlayar, berenang, snorkeling, dan berbagai aktifitas air lainnya. Pada bulan Desember – Januari ombak bisa menjadi tinggi dan hujan bisa turun sepanjang hari sehinggga membahayakan untuk melakukan perjalnan. Pilihlah waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Lengkuas sehingga semua potensi yang ada disana dapat dinikmati denan semaksimal mungkin. Jangan lupa membawa kantung sampah extra untuk menampung semua sampah bawaan kita agar tidak mengotori pulau. Selamat melakukan perjalanan. Cheers!

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment