Tips Cerdas Bagi Para Pemancing Mania

Anda gemar memancing? tak diragukan lagi kalau kegiatan ini sangat mengasyikkan. Bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memancing dapat meredakan rasa stress atau penat, apalagi jika mendapatkan hasil pancingan yang banyak, sangat menyenangkan bukan? Bagi anda yang memiliki hobby memancing, baik itu di kolam pancing maupun di sungai, danau, atau di laut, ada baiknya jika mempersiapkan segala keperluan dan persiapan sebelum pergi memancing. Berikut adalah beberapa tips sebelum pergi memancing terutama bagi anda para pemula.

Tentukan lokasi dan spot yang hendak dituju.

Kenalilah terlebih dahulu karakteristik lokasi atau spot yang anda ingin tuju Jika memacing disungai hendaklah mencari informasi terlebih dahulu apakah sungai tersebut aman untuk memancing atau tidak untuk memancing. Perhatikan apakah ada hewan liar di sekitar sungai yang membahayakan saat anda memancing. Jika ombak tinggi dan angin laut kencang janganlah pergi memancing terlalu jauh ketengah laut. Selain demi menjaga keselamatan saat memancing biasanya lokasi menentukan jenis yang akan menjadi target pancing.

Persiapkan segala keperluan yang dibutuhkan.

Persiapan dimulai dengan mengatur dan memlih alat pancing (tackle) yang akan dibawa menuju spot. Persiapkan juga umpan apa yang akan dipakai untuk memancing dan segala keperluan yang akan digunakan seperti tali, pisau, sarung tangan termasuk perlengkapan keselamatan dan obat-obatan pribadi atau kotak P3K untuk berjaga-jaga bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Persiapkan jas hujan atau jaket jika sedang musim hujan untuk mengantisipasi jika hujan turun, jika sedang musim panas jangan lupa memakai topi dan baju lengan panjang, akan sangat berguna untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari.

Cari informasi cuaca.

Ada baiknya bila anda mencari tahu tentang cuaca dan kapan waktu yang tepat untuk memancing terlebih dahulu. Cuaca adalah unsure yang penting jika hendak memancing terutama yang pergi memancing di laut. Akan sangat berbahaya apabila di saat kita sedang memancing terjadi hujan badai yang diikuti ombak yang besar. Waktu yang tepat untuk memancing adalah dua jam sebelum dan setelah matahari terbenam atau dua jam sebelum dan setelah matahari terbit saat itu masa paling pruduktif untuk memancing.

Bawa bekal makan dan minum.

Persiapankan bahan makanan dan minum yang cukup, untuk mengantisipasi kalau lokasi anda memancing sulit untuk mendapatkan makan dan minum terutama bagi anda yang hendak memancing di laut. Akan sangat tidak menyenangkan bila kegiatan memancing harus terhambat karena kehabisan bahan makanan dan minuman.

Kondisi Fisik.

Pastikan terlebih dahulu kondisi fisik sebelum memancing. Jangan pernah memaksakan diri untuk memancing apabila dalam keaadaan sakit atau kurang enak badan. Angin yang kencang di alam terbuka dapat membuat kondisi badan anda menurun. Sebelum memancing jagalah asupan gizi untuk badan anda agar badan tetap dalam kondisi fit. Istirahatlah yang cukup agar bila saatnya tiba anda tidak merasa terlalu lelah yang malahan akan berujung sakit.

Demikian tips bagi anda yang hendak menyalurkan hobi memancing. Semoga beberapa tips dan trik diatas dapat bermanfaat. Selamat memancing. Cheers!


EmoticonEmoticon