Inilah Bandeng Presto Juwana Oleh-oleh Khas Semarang

Semarang, sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengan memang menjadi salah satu kota paling sibuk di Pulau Jawa karena merupakan kota pusat administrasi. Namun Semarang juga menyimpan banyak aset yang menjadikan kota ini layak dikunjungi bagi kita yang ingin sekedar melancong ke sana. Semarang kaya akan tempat bersejarah dan tentu saja kulinernya.

Nah, ngomong-ngomong soal kuliner di Semarang, rasanya belum lengkap jika kita jalan-jalan ke Kota Semarang dan tidak membeli Bandeng Presto Juwana sebagai oleh-oleh. Bandeng presto memang sudah menjadi oleh-oleh khas dari kota ini. Dulunya bandeng presto ini hanya terdapat di daerah Juwana, Pati lho, tetapi tentu saja saat ini sudah banyak perajin bandeng presto yang tersebar di berbagai tempat sehinggak kita bisa menemukan bandeng presto di mana-mana. Namun tentu saja tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba Bandeng Presto Juwana yang khas Semarang.

Konon pengembanangan bandeng preto ini ditemukan karena ikan bandeng ini terkenal lezatnya, namun banyak durinya sehingga kita harus sangat berhati-hati memakannya. Nah, agar duri-duri ikan bandeng yang tersebar di daging ikan tersebut tidak mengganggu kenyamanan kita saat menyantap dagingnya, maka dikembangkanlah metode presto yang membuat duri daging tersebut lunak sehingga aman disantap. Semakin mantaplah kita menikmati ikan bandeng karena tidak perlu direpotkan oleh duri-durinya.

Sebenarnya apa sih yang membuat Bandeng Presto Juwana berbeda dari bandeng presto milik perajin lainnya? Menurut para penikmatnya,  Bandeng Presto Juwana berbeda dari bandeng presto lainnya karena bumbunya yang mantap dan ikannya tidak berbau lumpur. Wah, mantap deh untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan. Selain itu bandeng ini bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan lama asal disimpan dengan benar. Bandeng dalam kemasan vacuum misalnya, didesain khusus untuk konsumen yang ingin membawanya dalam perjalanan jarak jauh.

Nah, ada satu lagi kan pilihan kuliner Kota Semarang yang bisa dijadikan alternatif oleh-oleh. Jangan lupa membeli Bandeng Presto Juwana jika mampir ke Kota Tua ini. Bandeng tersebut bisa dioleh lebih lanjut menjadi berbagai macam hidangan seperti bandeng bakar, bandeng asam manis, bandeng krispi, sate bandeng dan hidangan menggugah selera lainnya. Yang jelas acara menyantap ikan bandeng yang lezat menjadi lebih mudah karena duri-duri ikan bandeng presto ini lunak dan aman dimakan.
Sumber : http://travelblog.ticktab.com/2013/09/18/bandeng-presto-juwana-oleh-oleh-khas-semarang/


EmoticonEmoticon