4 Tips Aman Membawa Uang Saat "Traveling"

Selamat pagi para traveler dan para penggemar blog travelpaketwisata.com. Hari ini adalah tepat hari minggu pagi dan kami ingin sedikit memberikan tips aman membawa uang saat perjalanan wisata kepada pembaca semua. Kehilangan uang saat perjalanan wisata memang sering kali kita temui dan urusan membawa uang menjadi hal krusial saat traveling. Berikut kiat yang harus Anda lakukan saat membawa uang selama perjalanan.

1. Menyebar uang.
Untuk lebih menjaga keamanan sebaiknya sebar uang Anda dan letakkan di beberapa tempat. Selain dompet dan tas jinjing, sebar uang di dalam tas Anda. Jangan letakan semua uang Anda di tempat yang sama. Apalagi menaruh semua uang di dompet.


Bisa juga sebar uang Anda di kantung baju-baju yang Anda masukan dalam tas. Pilihan lain adalah simpan uang Anda di botol obat. Pilih botol obat yang tak transparan. Orang lain tentu akan mengira isinya obat. Biasakan pula menaruh uang di safe deposit box yang tersedia di kamar hotel. Dan jangan lupa untuk mengambilnya kembali saat check-out.

2. Membagi uang ke dalam pecahan.
Anda juga harus membiasakan memecah uang Anda dalam pecahan kecilan. Uang kecil ini berguna untuk saat membeli barang-barang dengan harga terjangkau maupun untuk membayar ongkos transportasi umum.

Anda harus mengenali harga pasaran di lokasi tempat Anda berwisata. Misalnya berapa ongkos rata-rata taksi atau bus. Lalu harga jajanan di pinggir jalan, harga suvenir, dan tiket masuk obyek wisata. Dengan pengetahuan tersebut, Anda pun bisa tahu berapa uang pecahan yang kira-kira diperlukan.

Pisahkan antara uang kecil Anda tersebut dengan uang dalam nominal besar. Misalnya uang pecahan kecil di kantung. Sementara nominal besar bisa ditaruh di dompet. Jadi, Anda tak harus sering mengeluarkan dompet.

3. Strategi dompet.
Tipiskan dompet Anda. Singkirkan semua bon dan nota ataupun kertas lainnya dalam dompet Anda. Tentu saja, Anda juga tak perlu membawa-bawa kartu keanggotaan pusat kebugaran saat berwisata. Kurangi kartu-kartu yang tak perlu.

Dompet yang tebal bisa-bisa mengundang perhatian pencopet. Trik lainnya adalah coba membawa dua dompet. Satu dompet berisi kartu-kartu penting Anda dan uang dalam nominal besar. Dompet satu lagi berisi recehan. Jadi Anda hanya mengeluarkan dompet cadangan yang berisi recehan.

4. Selain uang tunai.
Anda bisa saja menggunakan kartu kredit daripada uang tunai saat pembayaran dalam jumlah besar. Sehingga Anda tak perlu menarik uang dalam nominal besar. Pilihan lain adalah kartu debet, tergantung lokasi Anda berwisata.

Sebisa mungkin kurangi penggunaan uang. Misalnya untuk tiket masuk obyek wisata atau museum. Di beberapa negara, tiket masuk obyek wisata dan museum bisa dibeli secara online. Jadi, Anda tinggal membawa karcis tanpa perlu membeli di loket tiket.

Beli juga karcis angkutan umum sebelum berpergian. Di negara-negara seperti di Eropa maupun di Asia, Anda bisa membeli tiket terusan untuk angkutan umum seperti kereta atau bus. Tentu ini memudahkan Anda agar tak harus selalu mengeluarkan uang recehan.

Sumber : http://bit.ly/110OYOW


EmoticonEmoticon