Tips Aman untuk Traveler Perempuan

Jika Anda seorang perempuan yang ingin berlibur sendirian, maka ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan selama perjalanan liburan Anda. Karena sebagai kaum hawa apalagi berpergian sendirian, pastinya harus memiliki keamanan diri yang ekstra. Dan perempuan sangat rentan menjadi target kejahatan di tempat wisata.


Ada beberapa alasan mengapa perempuan sangat mudah menjadi sasaran kejahatan menurut Marybeth Bond, seorang penulis wisata, seperti yang dilansir Huffington Post. Di antaranya, mereka sering kali kurang memiliki kesadaran akan keadaan lingkungan sekeliling, bahasa tubuh perempuan yang cenderung malu-malu, serta sering berada pada tempat yang salah dan waktu yang salah.

Untuk mencegah timbulnya kejahatan pada perempuan terutama saat berlibur, perlu diperhatikan hal-hal berikut. Berikut adalah beberapat tips untuk traveler perempuan.

1. Berlaku seperti berada di kota sendiri
Anda harus waspada pada setiap kejadian yang ada di sekitar. Anda harus lebih peka terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi Anda kapan pun dan dimanapun. Anda harus berhati-hati pada lingkungan yang ramai, karena bisa saja merupakan lingkungan yang paling berbahaya.

Jika Anda sendirian, jangan melewati jalan-jalan yang gelap dan kosong apalagi pada malam hari. Jadi ada baiknya, untuk mengasuransikan diri selama bepergian.

2. Ikuti insting
Jika Anda merasakan sesuatu yang aneh di sekitar, maka tanggaplah dengan cepat. Anda harus berjalan lebih cepat, lari, menjerit, atau lakukan apa pun dengan cepat yang dapat mengundang orang datang untuk menolong.
Menjaga pakaian

Anda harus meperhatikan budaya setempat dalam berpakaian, dan Anda harus berbaur dengan masyarakat setempat dengan menggunakan busana yang tepat. Jika Anda ragu, maka jangan gunakan pakaian yang Anda bawa jika tidak cocok dengan budaya berpakaian masyarakat setempat, serta jika harus pergi keluar pada malam hari, siapkan jaket panjang untuk menutupi bagian tubuh Anda.

3. Bahasa tubuh
Anda harus menjaga pandangan dan melangkah dengan penuh percaya diri. Jika sikap Anda layaknya turis yang kebingungan justru menjadi sasaran empuk untuk tindak penipuan. Jika Anda merasa sedang diikuti atau merasa ada sesuatu yang mengancam, jangan segan-segan untuk melapor kepada petugas setempat.

Cobalah untuk duduk berdekatan dengan kumpulan wanita atau keluarga lain, seolah-olah Anda adalah bagian dari mereka.

4. Perhiasan
Pertimbangkan untuk menggunakan perhiasan Anda untuk menghindari pandangan orang-orang sekitar tentang detil yang ada di tubuh Anda.

5. Uang
Anda dapat membawa uang cukup untuk membayar, jangan tunjukkan kepada banyak orang jika Anda membawa banyak uang. Hati-hati pula terhadap orang asing yang menawarkan makanan atau minuman.

Sumber : http://bit.ly/XfVYoN


EmoticonEmoticon