Thursday, June 6, 2013

Tips Aman Bagi Travellers Yang Sedang Hamil

Posted by Admin Blog on Thursday, June 6, 2013

Pregnant woman Masa kehamilan adalah masa-masa yang paling ditunggu sebagian besar pasangan yangg telah berumah tangga. Makanan dijaga. Asupan gizi dari makanan yang dimakan oleh si ibu hamil benar-benar diperhatikan. Aktifitas pun benar-benar dijaga. Aktifitas-aktifitas yang banyak melibatkan fisik sebisa mungkin dihindari. Semua demi kenyamanan dan keselamatan bayi di dalam kandungan. Bagaimana dengan wanita hamil yang menikmati perjalanan ke luar kota? Haruskah mereka berdiam diri sejenak dari kegiatan perjalanan mereka? Bagi para wanita yang sedang hamil, jangan jadikan kehamilan anda sebagai alasan untuk tidak melakukan perjalanan. Namun, walaupun begitu, ada hal-hal yang harus benar-benar diperhatikan jika ingin perjalanan anda dan si buah hati aman.

1. Periksakan Kehamilan Terlebih Dahulu.

Selagi anda merencanakan perjalanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi dokter kandungan terlebih dahulu untuk memeriksakan kandungan. Tanyakan kepada dokter mengenai usia kehamilan, keadaan bayi yang dikandung, begitu juga dengan kesehatan si ibu, apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh. Apabila dokter memberikan lampu hijau, maka anda boleh melakukan perjalanan. Usia kehamilan yangg aman untuk melakukan perjalanan adalah antara minggu ke-14 dan ke-28. Apabila tidak berada pada kisaran wktu tersebut, adalah bijak bila anda menunda semua rencana perjalanan anda sampai kelahiran buah hati anda. Begitu juga kalau kehamilan anda bermasalah ataupun kondisi anda tidak fit, lebih baik menahan diri terlebih dahulu dari pergi ke tempat yang jauh.

2. Pilihlah Sarana Transportasi Yang Aman Untuk Wanita Hamil

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah sarana transportasi yang akan digunakan ke tempat yang akan dituju. Hindari mengunakan sarana transportasi yang sarat guncangan seperti dengan kapal laut. Perhatikan juga rute perjalanan anda apakah akan melewati daerah dengan potensi guncangan yang tinggi. Banyaknya guncangan akan meningkatkan resiko keguguran pada kehamilan. Apabila berkendara mengunakan mobil atau bis, pilihlah tempat duduk yang aman dengan posisi kehamilan anda. Jangan pilih tempat yang terlalu sempit untuk menghindari resiko benturan agar tidak membahayakan kehamilan.

3. Pakailah Pakaian Yang Sesuai Dengan Kehamilan.

Pakailah pakaian yang nyaman sesui kondisi keehmilan. Janganlah memakai pakaian yang terlalu ketat. Selain si ibu tidak akan merasa nyaman dan tidak leluasa bergerak, pakaian yang ketat juga akan menekan posisi bayi dalam kandungan. Pakaian dengan bahan yang menimbulkan keringat berlebihan juga tidak disarankan. Kenakanlah alas kaki yang aman dan nyaman karena anda akan melakukan perjalann jauh. Sepatu berhak tidak disarankan. Gunakanlah alas kaki yang tidak licin untuk menghindari resiko terpeleset. Alangkah baiknya bila membawa bantal penyangga supaya anda dapat bersandar dengan nyaman.

4. Siapkan Perbekalan Untuk Selama di Perjalanan.

Perhatikanlah perbekalan yang akan dibawa selama perjalanan. Perbekalan untuk wanita hamil tentu tidak bisa disamakan dengan mereka yang tidak. Bawalah perbekalan yang cukup, sehat, dengan asupan gizi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda dan si buah hati. Hindari cemilan yang terlalu banyak mengandung MSG dan bahan pengawet. Selain tidak mempunyai faidah apa-apa untuk anda dan kehamilan anda, adanya pengawet dan MSG atau campuran bahan kimiawi lainnya malah dapat membahayakan. Bila mampir untuk membeli cemilan, jangan sembarangan dalam memilih. Bawalah persediaan air mineral yang cukup karena anda akan melakukan perjalanan yang panjang dan ada kemunkinan tidak adanya penjual air mineral.

5. Lakukan Treatment Sederhana

Selama perjalanan lakukanlah treatment sederhana. Rentangkanlah kedua kaki. Sesekali putarlah pergelangan kaki dan goyangkan jari-jari kaki anda. Jangan hanya duduk diam tanpa bergerak. Hal ini bermanfaat untuk menjaga agar otot-otot kaki agar tidak kaku dan peredaran darah lancar juga untuk merenggangkan betis anda.

Bagi anda wanita yang sedang hamil, bukanlah suatu larangan untuk melakukan perjalanan jauh. Namun walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kandungan terjaga yaitu usia dan kondisi kehamilan saat melakukan perjalanan, sarana transportasi yang digunakan, jalur perjalanan, posisi selama di kendaraan, pakaian, alas kaki, persediaan makanan selama di perjalanan, air mineral, dan treatment sederhana yang harus dilakukan. Bila anda sudah memperhatikan semua berarti anda sudah siap untuk melakukan perjalanan jauh. Rencanakanlah perjalanan anda dengan sebaik-baiknya. Jagalah kesehatan. Selamat menikmati perjalanan anda. Ticktab.com, booking hotel mudah, cepat, aman! Cheers!

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment