Wow... Nikmatnya Rujak Kelang Muncar Banyuwangi Bikin Ketagihan.

Rujak Kelang Muncar Banyuwangi - Selain kaya dengan tempat wisata alam yang memukau, di Banyuwangi juga banyak tempat wisata kuliner yang dapat sahabat traveler kunjungi. Tetapi disini travelpaketwisata.com tidak akan membahas tempat wisata kuliner melainkan makanan khas Banyuwangi yang akan kami informasikan kepada sahabat traveler semua. 

Makanan khas Banyuwangi memang sangat terkenal dengan keunikannya. Sebut saja makanan khas Banyuwangi seperti Rujak Soto atau Rujak yang dicampur dengan soto, ada lagi makanan khas Banyuwangi seperti Pecel Rawon atau pecel yang dicampur dengan rawon. Nah.... kali ini ada satu lagi makanan khas Banyuwangi yang cukup unik dan banyak diminati oleh sahabat traveler yaitu Rujak Kelang.

Rujak Kelang ini merupakan rujak khas Banyuwangi yang sebenarnya masih belum cukup populer dibandingkan dengan Rujak Soto yang sudah dikenal luas oleh masyarakat sampai luar Banyuwangi. Popularitas Rujak Kelang Banyuwangi ini masih sebatas lokal saja tetapi sahabat traveler perlu untuk mencicipi jika kebetulan sahabat traveler berkunjung ke Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi.

Seperti rujak - rujak pada umumnya, Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini juga terdiri dari potongan buah mangga, ketimun, pepaya, bengkoan yang sudah di cacah - cacah. Kemudian uniknya buah - buahan tersebut dicampur dengan kuah pindang ikan yang hangat dan agar lebih nikmat biasanya dilengkapi dengan potongan tahu goreng dan kerupuk kromoleo dari tepung singkong.

Yang perlu sahabat traveler ketahui bahwa keistimewaan Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini terletak pada kuahnya. Kuah Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini terbuat dari petis ikan yang berwarna coklat kental yang dituang di mangkok lalu ditambahkan irisan cabe tipis - tipis. Sehingga potongan buah - buahan dan tahu goreng didalamnya seperti terendam.

Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini merupakan rujak yang terbuat dari bumbu bahan alami, antara lain buah - buahan dan petis ikan yang dilarutkan dalam cairan cabe rawit dan gula. Sehingga Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini mempunyai cita rasa yang sangat menggiurkan. Disamping rasanya yang sangat khas, Konon ceritanya Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini dapat menyembuhkan penyakit dan dapat meningkatkan selera makan. Tapi sahabat traveler boleh percaya atau tidak ya.

Walaupun bentuk Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini sangat sederhana, namun jangan ditanyak soal rasanya. Cita rasa Rujak Kelang Muncar Banyuwangi ini sangat khas dan sangat istimewa. Rasa buah - buahan yang segar dan asam dari mangga berbaur dengan gurihnya petis dan kuah pindang akan membuat sahabat traveler semua tidak bisa berhenti untuk mengunyah. Apalagi dengan rasa pedas dari potongan cabe rawit semakin membuat Rujak Kelang Muncar Banyuwangi semakin nikmat dinikmati terutama saat siang hari ketika cuaca panas terik dan bahkan bisa membuat sahabat traveler ketagihan untuk memakan Rujak Kelang Muncar Banyuwangi lagi.

Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Jadi jika sahabat traveler berkunjung ke Pelabuhan Ikan Mucar di Banyuwangi sahabat traveler juga bisa memborong aneka hasil laut seperti ikan, kepiting, dan cumi. Dan jangan lupa juga mencicipi makanan khas dari Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi ini yaitu Rujak Kelang Muncar Banyuwangi.

Happy Holiday...


EmoticonEmoticon